Kamis, 25 April 2024

UNBK Belum Diterapkan

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SD sederajat di Kabupaten Kepulauan Anambas, masih dilakukan dengan cara manual atau Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas Mustajab, menjelaskan untuk merealisasikan UNBK cukup menghabiskan banyak biaya. Pasalnya sekolah harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai seperti komputer dan jaringan internet.

Hal ini, kata Mustajab karena pihaknya belum siap untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) karena beberapa pertimbangan. Pihaknya khawatir ada kegagalan dalam melaksanakan UNBK sehingga dirinya khawatir akan ada protes dari orang tua wali murid. “Takutnya orang tua wali murid komplain,” jelasnya.

Diketahui, untuk jumlah siswa/siswi tingkat SLTP di Kabupaten Kepulauan Anambas yang akan menjalani UNKP yakni sebanyak 822 siswa. Untuk tingkat SD atau Madrasah Tsanawiah sebanyak 924. Untuk UNKP tingkat SLTP akan dilaksanakan pada 23 April hingga 26 April 2018. Sementara itu untuk Ujian Sekolah Bersandar Nasional (USBN) tingkat SD sederajat dilaksanakan pada 3 Mei hingga 5 Mei 2018.

Pantauan di lapangan beberapa sekolah semestinya sudah bisa melaksanakan ujian berbasis komputer. Di mana beberapa sekolah sudah memiliki fasilitas komputer dan jaringan Internet. Seperti SMP N 1 dan N 2 Siantan. Kedua sekolah tersebut sudah memiliki komputer yang memadai dan jaringan yang bagus. Kekurangannya hanya server saja. (sya)

Update