Jumat, 29 Maret 2024

Akhirnya, Pelayanan BPJS di RS AwalBross Aktif Hari Ini

Berita Terkait

Dokter Spesialis Penyakit Gusi dan Jaringan Penyangga Gigi Rumah Sakit Awal Bros, Drg Airina, Sp saat memeriksa gigi pasien di Rumah Sakit Awal Bros | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Batam akhirnya kembali menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam. Peserta JKN-KIS pun sudah bisa mendapat pelayanan di RSAB mulai hari ini, Senin (26/3).

Humas RSAB Batam, Chintya mengatakan kesepakatan kerjasama telah berlangsung beberapa hari lalu. Namun untuk pelayanan untuk pasien BPJS Kesehatan baru dimulai hari ini.

“Senin (hari ini, red) kami sudah efektif menerima pelayanan untuk peserta BPJS Kesehatan,” kata Chintya kepada Batam Pos, kemarin.

Menurut dia, RSAB menerima seluruh jenis pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS. Meski begitu, peserta BPJS Kesehatan tak serta merta bisa langsung mendapat pelayanan di RSAB tersebut. Peserta BPJS harus mendapat rujukan dari rumah sakit tipe c, hal itu dikarenakan RSAB merupakan rumah sakit tipe B.

” Ya harus ada rujukan dari rumah sakit tipe C dulu. Kecuali untuk pasien emergency,” terang Chintya.

Sementara itu, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Irfan Racmadi membenarkan kerjasama yang kembali terjalin dengan RSAB. Peserta JKN-KIS pun sudah bisa mendapat pelayanan setelah mendapat rujukan dari rumah sakit tipe C.

“Efektif hari Senin tanggal 26 Maret. Namun untuk mendapat pelayanan disana harus ada rujukan dulu,” terang Irfan.

Menurut dia, perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan RSAB sama dengan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Hanya saja, pihaknya menekankan bahw RSAB tak boleh lagi membeda-bedakan antara pasien umum dan JKN-KIS.

” Tak boleh adanya perbedaan. Pelayanan harus sama. Untuk ruang perawatan tergantung dari kelas peserta,” imbuh Irfan

Masih kata Irfan, karena sudah ada kerjasama maka RSAB wajib melayani seluruh penyakit yang telah diatur oleh undang-undang.

“Pelayanan tak ada pengecualian. Untuk sarana dan prasana, RSAB mengaku siap,” pungkas Irfan (she)

Update