Kamis, 25 April 2024

Pelindo Butuh Rp 100 Miliar Benahi Sri Bintan Pura

Berita Terkait

Aktivitas di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang beberapa waktu lalu. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Kondisi pelabuhan hingga parkir kendaraan yang belum memadai dan nyaman di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura mulai mendapat perhatian. PT Pelindo selaku pengelola berjanji akan konsen membenahi pelayanan hingga parkir kendaraan di area pelabuhan.

Manajer Umum PT Pelindo Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan tak memungkiri saat ini kondisi perparkiran yang ada belum senyaman semestinya. “Tahun ini kami akan memulai penataan parkir. Rencananya di lokasi eks kantor Pelindo itu,” kata Wayan, kemarin.

Namun, sambung Wayan, itu sifatnya hanya sementara karena lokasi yang ada saat ini dalam analisisnya juga belum memadai. Karena itu, untuk jangka panjangnya, akan dibangun sistem parkir tingkat. Ini akan disejalankan dengan rencana penataan tahap dua terminal pelabuhan.

Wayan menyebutkan, telah disediakan dana sebesar Rp 15 miliar untuk mewujudkan penataan tahap dua dan perparkiran. Namun ia juga menambahkan, pembenahan area parkir hingga seluruh fasilitas hingga selesai, akan membutuhkan biaya sebesar Rp 100 miliar lagi.

Ia menerangkan, dalam skemanya lahan parkir akan dibangun vertikal setinggi empat lantai. Agar arus lalu-lintas kendaraan semakin lancar, juga akan disediakan area drop off buat calon penumpang.

Yang lebih besar dari ini, Wayan melanjutkan, adalah menjadikan area keseluruhan Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura sebagai pelabuhan berkonsep modern. Lengkap pula dengan taman dan pusat perbelanjaannya. Bahkan, direncanakan ada semacam hotel dan pujasera juga.

“Itu mimpi Pak Gubernur. Kata beliau agar pelabuhan juga bisa jadi semacam kawasan wisata,” katanya.

Saat ini rencana detil pembangunan sedang disusun. Wayan optimistis jika kelak rencana pembangunan ini terlaksana akan menjadikan pelabuhan Sri Bintan Pura sebagai halaman depan yang indah dan berkelas untuk Kota Tanjungpinang. “Nanti akan kami infokan lagi jikalau desainnya sudah selesai,” pungkas Wayan. (aya)

Update