Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim didampingi Ketua Baznas Karimun Atan As foto bersama dengan penerima bantuan Baznas dimasjid Baitul Karim. F. Humas Pemkab Karimun untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, untuk periode pertama tahun 2018 ini, menyalurkan dana zakat sebesar Rp 440 juta yang dihimpun dari dana umat. Yang disalurkan untuk wilayah pulau Karimun besar, kecamatan Karimun, Meral, Meral Barat dan Tebing.

”Saya memberikan apresiasi kepada Baznas Karimun yang telah berhasil mengumpulkan dana zakat dalam waktu dekat. Dan bisa menyalurkan dana umat ini kepada yang membutuhkan,” kata wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, kemarin (29/3).

Sehingga, dengan adanya penyaluran dana Baznas ini bisa membantu masyarakat untuk menambah kebutuhan sehari-hari. Walaupun, tidak banyak tapi minimal bisa membeli kebutuhan sedikit. Untuk itu diharapkan, kepada seluruh masyarakat agar bisa menyisihkan pendapatannya maupun penghasilannya untuk melakukan zakat.

”Bapak dan Ibu sebagai penerima dana zakat, nanti bisa melakukan zakat kepada Baznas Karimun,” pesannya.

Sementara itu Ketua Baznas Karimun Atan AS mengatakan, hingga saat ini sudah ada 60 pengurus masjid yang tergabung dalam Baznas Karimun sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Pada kesempatan ini, Baznas Karimun untuk periode pertama tahun 2018 sudah bisa mendistribusikan zakat sebesar Rp440 Juta untuk fakir miskin dan fisabilillah yang mencapai 982 orang.

Alhamdulillah, pada tahun lalu mencapai Rp2,3 Miliar. Dan mudah-mudahan tahun ini terus meningkat,” tuturnya.

Adapun pendistribusian zakat konsumtif bagi fakir miskin untuk kecamatan Karimun sebanyak 261 orang, kemudian kecamatan Tebing ada 257 orang, selanjutnya kecamatan Meral ada 182 orang, Meral Barat 60 orang dan Moro 40 orang. Selain itu keluarga besar Polres Karimun ada 11 orang dengan total 811 orang.

”Pesan saya bapak dan ibu silahkan manfaatkan dengan bijak bantuan dana baznas ini,” ungkapnysa.

Selain itu kata Atan lagi, ada juga bantuan kepada asnaf fisabillah untuk pulau Karimun 52 masjid mencapai 162 orang, pulau Moro 6 orang dan keluarga besar Polres Karimun 3 orang dengan total keseluruhan mencapai 171 orang.

”Saya Pak Wakil Bupati Karimun, bersama teman-teman tidak bosan-bosannya mengajak masyarakat terutama para pegawai agar melakukan zakat profesi,” ucapnya.(tri)

Respon Anda?

komentar