Sabtu, 20 April 2024

Bea Cukai Ajak Siswa Natuna Melanjutkan Pendidikan ke PKN STAN

Berita Terkait

batampos.co.id – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)
Khusus Kepulauan Riau menggelar kegiatan Marine Customs Goes to School
di SMAN 1 Ranai, Natuna, Kamis (29/3). Tujuannya mengajak siswa di perbatasan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

Kegiatan Marine Customs Goes to School tersebut untuk mengenalkan tugas dan fungsi dari bea dan cukai sekaligus menjelaskan soal kepabeanan. Selanjutnya tim roadshow yang terdiri dari pegawai bea cukai Kepulauan Riau juga menggelar Forum Group Discussion tentang Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN plus short class atau kelas
singkat.

Tim roadshow ke Natuna diantaranya Kepala seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi
(PLI) KPPBC TMP B Tanjung Pinang, Oka Ahmad. Kanwil DJBC Khusus
Kepulauan Riau, Nur Alim. Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tg. Balai
Karimun, Agung Rizqa Widodo dan Tanty Sweetra Siregar dari KPPBC TMP B
Tanjung Balai Karimun.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) KPPBC TMP B Tanjung Pinang Oka Ahmad mengatakan, program Marine Customs Goes to School salah satu media untuk mengenalkan keberadaan bea cukai kepada pelajar. Baik itu berkaitan tugas pokok dan fungsi KPPBC sampai dengan cara rekruitmen di bea cukai.

“Kehadiran kita di sini memberikan informasi tentang rekruitmen masuk di bea cukai melalui PKN STAN. Kita ingin adik adik siswa di Natuna bersedia bergabung di bea cukai dengan cara melanjutkan pendidikan di PKN STAN,” kata Oka.

Oka mengatakan, program tahunan yang sudah dilaksanakan Kanwil berlangsung diberbagai kabupaten dan kota di Kepri. Rencananya setelah Kabupaten Natuna, menyusul Kabupaten Anambas dan Lingga. Dan tergetnya mengajak anak anak pulau terluar agar termotivasi untuk menggapai cita-cita dengan bekerja sebagai punggawa keuangan negara.

Untuk masuk di PKN STAN sambung Oka, peserta didik harus memiliki kemampuan berbahasa asing yakni bahasa inggris. Karena dalam pelaksanaan tugas keseharian di bea cukai, selalu berhadapan dengan warga asing dari berbagai negara.

“Dari sekolah mana saja bebas, SMA sederajat, semua jurusan, terpenting dalam seleksi nanti pokok utama adalah memiliki potensi akademis dan bisa berbahasa inggris dengan baik,” katanya.

Selama kegiatan berlangsung, antusias pelajar saat mengikuti acara sangat tinggi. Bahkan tidak Adapun peserta Marine Customs Goes to School melibatkan pelajar dari SMAN 1 Bunguran Timur, SMAN 2 Bunguran Timur, SMAN 1 Bunguran Tengah, SMAN 1 Bunguran Timur Laut, SMAN 1 Bunguran Utara, SMAN 1 Batubi, SMK Pariwisata, SMAN 1 Bunguran Selatan, SMK Bunguran Timur, MAN Natuna dan SMK YPMN Ranai. (arn)

Update