Kamis, 28 Maret 2024

Hanya 70 Persen Dana IMTA Untuk Pelatihan Tenaga Kerja

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Komisi IV DPRD Kota Batam meminta Pemko Batam untuk menganggarkan semua dana IMTA untuk operasional pelatihan ketrampilan pencari kerja. Selama ini baru 70 persen dari dana IMTA yang disalurkan ke disnaker.

“Setahu saya tidak semua dana IMTA itu yang disalukan ke disnaker. Padahal seharusnya 100 persen itu untuk kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh disnaker,” kata anggota komisi IV Riki Indrakari.

Ia mengatakan pemerintah kota Batam harus mensupport kegiatan terutama yang sifatnya untuk meningkatkan ketrampilan. Pelatihan yang dilakukan Disnaker sangat besar manfaatnya karena memang untuk mengurangi angka pengangguran di Batam.

“Tetapi apakah ada pelatihan lain di dinas lain saya kurang tahu. Tetapi setahu saya semua dana IMTA harus untuk pelatihan,” katanya.

Politikus PKS tersebut mengatakan saat ini pelatihan dari berbagai bidang sedang berlangsung. Di mana akan dilakukan bertahap, tergantung cairnya dana dari kas daerah.

Sementara itu kepala dinas penanaman modal (DPM) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemko Batam Gustian Riau mengaku tidak mengetahui mengenai besaran anggaran yang diserahkan ke disnaker. Ia mengatakan bahwa DPM-PTSP hanya memungut retribusi pengurusan izin IMTA tersebut.

“Tahun ini misalnya, kita ditarget Rp 35 miliar. Kita akan berupaya. Terkait kemana penyalurannya, itu bukan tupoksi kami lagi. Kami tidak utak atik itu,” katanya. (ian)

Update