Kamis, 25 April 2024

Percepat Pembangunan Penyengat

Berita Terkait

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun ingin Kepri dengan budaya Melayu yang kuat dan peradaban Islam harus semakin dipertegas. Pulau Penyengat salah satu tempat yang tepat untuk mempertegas semua itu.

“Harus terus kita kembangkan agar Kepri punya ciri khas yang melekat di bidang keagamaan,” ujar Nurdin saat meninjau Pulau Penyengat usai melaksanakan safari subuh di Masjid Sultan Pulau Penyengat, Jumat (30/3).

Banyak hal yang harus dilakukan dalam menjaga kegemilangan Pulau Penyengat sebagai destinasi wisata tersebut. Salah satunya kebersihan baik di darat maupun disekitar lautnya.

“Penyengat harus terus kita jaga kebersihan lautnya, kebudayaanya serta tempat-tempat bersejarahnya,” lanjut Nurdin.

Selain itu, Nurdin juga ingin promosi daerah harus terus digalakkan, agar para wisatawan dari dalam maupun luar tertarik untuk datang kesini. Dalam peninjauannya Nurdin diajak salah satu tokoh pemuda setempat untuk melihat lokasi yang rencananya akan dibangun pondok tahfiz qur’an.

Nurdin menyambut baik lokasi yang dulunya merupakan bekas kompleks perumahan kerajaan itu dijadikan pondok tahfiz. Hal ini sebagai upaya menjadikan Penyengat sebagai Pulau Penghafal Al-Qur’an.

Di tepi lautnya Nurdin juga ingin diperbaharui. Rencanaya akan dibangun jalan lingkar yang mengelilingi Pulau Penyengat.

“Pakai tiang pancang saja jangan ditimbun,” tegas Nurdin.

Hal itu dilakukan karna ia tidak ingin membangun tapi malah merusak lingkungan sekitar. Nurdin ingin penambahan tanpa menghilangkan jejak asli di lokasi tersebut.

Tokoh Pemuda Penyengat Adi mengatakan bahwa nantinya jika jalan lingkar tersebut jadi maka panjangnya akan kurang lebih tiga kilometer. Lebar jalan sendiri di proyeksikan dapat memuat 3 becak.

“Target kita ingin menjadikan Kepri maju seperti di Bali,” kata Adi.

Peninjauan selanjutnya ditujukan di tempat yang akan dibangun mini museum dan rumah singgah. Di sana Nurdin juga setuju akan dibangun gedung tersebut karna akan menambah daya tarik wisata setempat.

Sebelum kembali ke Tanjungpinang, berjalan menuju pelabuhan Nurdin juga berencana akan memperbaharui gapura masuk Pulau Penyengat.

Hadir pada peninjauan tersebut, Sekretaris Daerah TS. Arif Fadillah, Penjabat Walikota Tanjungpinang Raja Ariza, Kadis Kelautan Eddy Sofyan, Kadis Perdagangan Burhanuddin dan Karo Humprohub Nilwan. (bni)

Update