batampos.co.id – Dalam drama (K-Drama) atau film korsel, sering kali para aktor disapa dengan panggilan ‘Oppa’. Oppa sendiri adalah istilah penuh kasih sayang yang digunakan oleh perempuan Korea untuk memanggil keluarga laki-laki, teman, atau kekasih yang lebih tua.

Tapi bisakah para turis bertemu dengan ‘Oppa’ impiannya ketika bertandang ke negeri Ginseng tersebut?

Jawabannya tentu iya. Seperti dilansir dari Koreaherald, Senin (4/2), perusahaan software Korea Selatan telah membuat layanan tur khusus ‘Oh My Oppa’. Mirip dengan aplikasi Tiongkok ‘Hire Me Plz’, ketika berlibur ke Korsel, para turis bisa ditemani ‘Oppa’ impian yang selama ini hanya bisa ditatap lewat layar kaca.

Dalam sebuah wawancara yang dilansir dari Hellokpop, Senin (4/2), CEO Winwincook, Lee Joon-woo, mengatakan konsep liburan ditemani dengan ‘Oppa’ ini lahir dari lelucon umum. Ketika turis asing berkunjung ke Korsel, mereka justru tidak bisa melihat pria-pria tampan di jalanan layaknaya film atau drama korea.

Pengunjung asing biasanya berharap melihat pria-pria tampan di jalanan seperti di K-drama tetapi selalu kecewa.

“Kami pikir, kami akan menyajikan para turis ini dengan pria yang dapat kami banggakan. Meskipun itu adalah lelucon pada awalnya, kami menindaklanjuti dengan situs web yang sebenarnya, dan reaksi media sosial telah melampaui harapan kami,” ujar Lee.

Layanan ‘Oh My Oppa’ sendiri telah berhasil diuji coba pada Maret 2018, dan perusahaan sedang mempersipakan peluncuran secara penuh bulan ini.

Diambil dari situs ‘Oh My Oppa’, layanan ini telah menampilkan tujuh pria Korea tampan yakni Arami, Sean, Hue, William, Jake, Sam, dan Ryan. Tentunya jumlah ‘Oppa’ akan terus bertambah. Pemandu wisata yang terdaftar di situs ini kebanyakan adalah teman-teman pribadi Lee dan rekomendasi oleh kenalan.

Meskipun para Oppa dilayanan ‘Oh My Oppa’ bukanlah pemandu tur profesional, mereka ramah dan senang membantu turis. Tentunya dengan biaya layanan yang telah ditetapkan. Sedangkan kegiatan yang bisa diikuti dalam rangkaian tur ‘Oh My Oppa’ antara lain mengunjungi kafe, tur kota, dan mengambil foto.

Tetapi untuk tempat-tempat wisata yang membutuhkan pembayaran, hanya akan dilakukan jika ada kesepakaran kedua belah pihak.

Lee mengungkapkan permintaan untuk pemandu wisatanya datang dari negara-negara di seluruh dunia seperti Prancis, Inggris, Jerman, Hong Kong, Thailand dan Indonesia. Dia sendiri juga telah menguji layanan dengan bekerja sesekali dengan nama ‘Joon’.

Untuk mengatasi persepsi negatif ‘Oh My Oppa’ untuk menjadi layanan pengawalan pria tingkat tinggi, Lee menekankan ‘oppa’ yang ditampilkan adalah soosk yang diketahui orang asing melalui K-drama.

Secara internal pun, perusahaan menerapkan panduan ketat kepada calon ‘Oppa’, yang memastikan mereka cocok untuk mengambil peran layanan duta besar Korea bagi para wisatawan. Misalnya, pemandu diberitahu untuk tidak mengatur tur malam atau pergi minum dengan para turis yang dialokasikan.

Jadi, Siapkan tas ransel Anda dan bersiap bertemu Oppa impian di Korsel!

(ana/JPC)

Respon Anda?

komentar