Jumat, 29 Maret 2024

UNBK Digelar Tiga Sesi

Berita Terkait

Siswa SMK Yaspika saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama, Senin (2/4). F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Sebanyak 923 siswa dari empat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta di Karimun mengikuti Ujian Nasional Berbasis KOmputer (UNBK), Senin (2/4). Empat SMK yang menggunakan sistem UNBK itu yakni SMK Vidya Sasana, SMK Yaspika, SMK Widya dan SMK Budi Mulia Kundur.

Sedangkan SMK Negeri UN manual atau berbasis kertas karena tidak memiliki sisten komputer yang memadai.

UNBK dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Karena keterbatasan komputer yang dimiliki masing-masing sekolah, UNBK di gelar dalam dua sesi dan ada pula yang tiga sesi.

“Pada hari pertama semua peserta yang mengikuti UNBK dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim.

Walaupun kewenangan ada di Dinas Pendidikan Provinsi, tapi dinas pendidikan tetap memberikan motivasi kepada para pelajar agar tetap tenang saat mengikuti lembar jawaban melalui komputer.

Sementara Kepala Sekolah SMK Yaspika Umar Sum ketika dikonfirmasi Batam Pos mengatakan, untuk peserta didiknya yang mengikuti UNBK sebanyak 122 pelajar yang terbagi dalam dua jurusan yaitu jurusan akutansi dan pemasaran. Dimana, dalam pelaksanaan UNBK pihaknya mengadakan dua sesi dikarenakan keterbatasan komputer.
“Insya Allah, mudah-mudahan lulus 100 persen seperti tahun lalu. Kalau dilihat, anak-anak bisa mengisi ujian dan hari ini mata pelajaran Matematika,” tuturnya.

Terpisah Manager PLN Ranting Tanjungbalai Karimun Crisman Ariando, pihaknya berkomitmen selama pelaksanaan UNBK dijamin tidak ada terjadi pemadaman listrik. ” Kita jamin aman tidak ada gangguan pemadaman, karena jalur jaringan listrik yang sedang pelaksanaan UNBK terus kita lakukan pantauan,” ucapnya.

Sedangkan, pantauan dilapangan pada hari pertama pelaksanaan UNBK, Bupati Karimun Aunur Rafiq langsung melakukan peninjauan di SMK Vidya Sasana. Yang sebelumnya, memberikan pengarahan dan motiviasi kepada para pelajar sebelum masuk ruangan.
“Selamat mengikuti UNBK. Jangan, terburu-buru mengisi lembar jawabannya dibaca dahulu baru dijawab,” pesannya.

Pelaksanaan UNBK dilaksanakan selama empat hari, pada hari kedua dengan mata pelajaran Matematika, Rabu Bahasa Inggris dan terakhir hari Kamis teori kejuruan sesuai bidang studi yang dipilih para pelajar SMK.(tri)

Update