Rabu, 24 April 2024

MUI Ajukan Empat Zona Revitalisasi Masjid Raya Batam

Berita Terkait

Sejumlah masyarakat beragama islam mengambil air wudhu di Masjid Agung kota Batam, Batamcenter, Jumat (24/2). F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Pemko Batam menjaring aspirasi dari pemuka agama Islam Batam terkait revitalisasi Masjid Raya Batam (MRB), di ruang rapat Pemko lantai IV, Selasa (3/4).

Dalam rapat yang juga dihadiri Ketua MUI Batam Usman Ahmad itu, terkuak beberapa konsep yang diajukan. Salah satunya, MUI mengusulkan adanya empat zona yang tersedia dalam kawasan MRB.

Empat zona tersebut yakni,

  • zona ibadah,
  • zona ekonomi,
  • pendidikan,
  • perkantoran.

Ia menjelaskan, keempat zona tersebut saling bersinergi dalam menjadikan ruang lingkup ibadah yang serba berkecukupan. “Jadi tidak hanya sebatas ibadah saja, tetapi sudah didukung dengan keberadaan fasilitas pelengkap lainnya sebagaimana zona-zona yang disebutkan,” paparnya.

Di samping itu, MUI juga mengharapkan agar MRB bisa menjadi Masjid Paripurna. “Dengan kelengkapan yang diusung, MRB bisa dijadikan Masjid Paripurna di Batam,” ungkap Usman.

Menanggapi masukan yang diajukan peserta rapat, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menuturkan, akan menampung masukan tersebut yang selanjutnya akan dipersiapkan oleh konsultan.

“Sekarang ditampung dulu, nanti konsultan yang meneruskan, dan bulan depan dipaparkan kembali perkembangannya. Kalau sudah lengkap semua, segera dilelang,” terang Rudi.

Lebih lanjut dikatakannya, proyek revitalisasi termasuk prioritas dalam pengembangan pembangunan tatanan kota yang akan dimulai awal 2019 nanti. “Target saya 2019 sudah mulai jalan, supaya diakhir jabatan saya nanti proyek ini sudah selesai,” ucapnya.

Dalam konsepnya, Rudi menegaskan bahwa konsep MRB tetap bernuansa Melayu di bagian luar, dan tidak merubah estetika di bagian dalam masjid sebagaimana konsep sebelumnya.

“Seperti Masjid Agung. Diluar nuansa Melayu, dalamnya agama. Intinya tidak mengganti baru masjid, hanya memperbaiki. Dan ini tidak menggunakan APBD,” tutup Rudi. (nji)

Update