Jumat, 29 Maret 2024

Pelatihan Kader untuk Tekan Angka KDRT

Berita Terkait

Foto bersama usai pelatihan tentang KDRT, Selasa (3/4). F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP, KB, PP dan PA) Karimun, menggelar pelatihan bagi kader balai pengaduan rumah tangga untuk menekan angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), Selasa (3/4).

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, melalui pelatihan tersebut diharapkan bisa memberikan informasi kepada publik atau dilingkungan masyarakat untuk melakukan pendampingan kasus KDRT dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

”Mari kita ciptakan kabupaten Karimun ini bersih, beriman, indah dan harmonis. Nah, pada harmonis ini tidak terlepas dari pada kedamaian didalam rumah tangga yaitu tidak ada kekerasan didalam rumah tangga,” kata Anwar Hasyim.

Kepala Seksi Perlindungan Hak Perempuan Dinas PP, KB, PP dan PA Karimun Yeli melaporkan, sudah terbentuk satgas dan kader balai pengaduan Rumah Tangga di 12 kecamatan se kabupaten Karimun yang masing-masing kecamatan menunjuk 3 orang kader balai pengaduan rumah tangga yang totalnya ada 36 kader mengikuti pelatihan.

”Kita pilih kelurahan Sei Lakam Barat menjadi kelurahan bebas KDRT. Mengingat, kasus KDRT cukup tinggi di kelurahan tersebut selama dua tahun terakhir ini,” jelasnya.

Di kelurahan Sei Lakam Barat ada 20 kader yang nantinya akan bertanggungjawa dalam penangganan dan pendampingan kasus KDRT dan TPPO di masing-masing Rukun Tetangga (RT).

”Mereka akan diberikan pembekalan secara teknis dalam penanganan dan pendampingan korban KDRT dan TPPO. Serta membentuk pribadi kader yang tangguh dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang kader,” ungkapnya.(tri)

Update