Kamis, 25 April 2024

Lima PLTS Sudah Dilelang

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemprov Kepri, Amjon mengatakan sebanyak lima paket pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di sejumlah daerah di Kepri sudah rampung dilelang. Menurut Amjon, pembangunan PLTS menyebar sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Ada lima paket yang sudah selesai lelang. Nilainya sekitar Rp 13,2 miliar,” ujar Amjon , kemarin.

Disebutkan Amjon, ke lima kegiatan tersebut adalah pengadaan dan pemasangan PLTS Terpusat dengan kapasitas 15 KWP di Desa Pulau Meca, Belakangpadang, Batam dengan pagu Rp 2,09 miliar. Berikutnya pengadaan dan pemasangan PLTS Terpusat 20 KWP di Pulau Sandam, Durai, Karimun senilai Rp 2,7 miliar.

Masih kata Amjon, kegiatan yang sama dengan kapasitas 15 KWP juga dirancang di Pulau Sirai, Bintan dengan pagu Rp2,1 miliar. Pembangkit dengan kekuatan 15 KWP senilai Rp 2,6 miliar juga dilaksanakan di Teluk Kelimpan, Desa Telaga, Kabupaten Anambas.

“Ada juga PLTS dengan kekuatan 30 KWP senilai Rp 3,8 miliar dibangun di Dusun I Pasir Panjang, Desa Telaga, Anambas,” papar Amjon.

Untuk program listrik desa, pihaknya juga akan bersinergi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Karena Kepri juga mendapatkan prioritas untuk peningkatan kapasitas listrik di seluruh desa di Kepri. Karena target tersebut diharapkan tuntas 2019 mendatang.

“Keinginan kita juga demikian, 2019 mendatang seluruh desa di Kepri sudah menikmati program listrik desa,” tutup Amjon.(jpg)

Update