Jumat, 19 April 2024

Perbaikan Harus Selesai sebelum Lebaran

Berita Terkait

Ponton Pelabuhan Tanjungbatu yang rusak. F. Imam Soekarno/batampos.co.id

batampos.co.id – Anggota DPRD Provinsi Kepri Eri Suandy mengingatkan agar perbaikan ponton Pelabuhan Tanjungbatu harus selesai sebelum Lebaran. Pasalnya dengan hanya satu ponton seperti saat ini, sangat menyulitkan bagi speedboat maupun feri untuk bersandar.

Untuk memastikan pengerjaan dapat selesai tepat waktu, anggota DPRD asal daerah pemilihan Karimun ini telah menghubungi Dinas Perhubungan Karimun. Namun diketahui, untuk pengerjaan masih dalam upaya.

“Saya sudah menghubungi kepala Dinas Perhubungan Karimun terkait perbaikan ponton yang sudah lama rusak itu. Saat ini masih dalam upaya kontrak. Mereka berjanji sebelum angkutan mudik Lebaran sudah dapat digunakan,” kata Eri kepada Batam Pos, Jumat (6/4).

Lebih lanjut dikatakannya, sudah banyak masyarakat yang mengadu terkait lambannya perbaikan ponton tersebut. Bahkan sudah lebih satu tahun perbaikan belum juga rampung.

Menindaklanjuti keluhan warga tadi, DPRD Kepri berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan. Harapannya perbaikan segera diselesaikan.

”Kondisi ponton seperti sekarang membuat penumpang kurang nyaman. Apalagi karena satu-satunya pelabuhan, kapal penumpang yang hendak bersandar menaikkan dan menurunkan penumpang terpaksa mengantre,” tuturnya.

Awalnya kerusakan hanya pada atap ponton, disebabkan terhempas angin ribut awal Februari 2016 lalu. Meskipun ponton tanpa atap, namun masih dioperasikan. Bahkan sejumlah kapal penumpang juga masih bersandar untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Puncaknya pada awal April 2017 lalu, besi penyangga atap ponton tumbang setelah terhempas ombak. Kejadian naas itu hampir memakan korban, beruntung korban sempat lari dan masuk ke dalam kapal sehingga nyawanya selamat. Sejak kerusakan itu sampai sekarang perbaikan tidak juga selesai.(ims)

Update