batampos.co.id – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas Jefrizal mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu operator selular yang akan menggunakan jaringan fiber optik Palapa Ring Barat (PRB).Menurutnya, berdasarkan informasi, operator selular yang akan memanfaatkan PRB yakni Telkomsel dan XL.

Iklan

“Kemungkinan besar dua provider itu,” ungkapnya, Jumat (6/4).

Selain itu, ada juga PT Telkom yang akan memperkuat memperkuat kapasitas bandwidth mereka dengan menggunakan jaringan fiber optik PRB. Setelah itu, barulah semua operator ini akan memperluas jangkauan dan layanan yang pada gilirannya menambah pelanggan.

Dikatakannya, provider mana saja yang akan memanfaatkan PRB, harus menarik kabel dari NOC ke perangkat milik mereka. Ini yang masih dibahas. Pasalnya jika ditarik lewat darat, penempatan kabel harus digali. Sementara tanah di Tarempa banyak bebatuan. “Kalau digali susah, bisa jadi ditarik kabel melalui udara dengan memasang tiang,” jelasnya.

Ia menambahkan, selama satu bulan terhitung sejak Menteri Kominfo Rudiantara datang 26 Maret lalu, jaringan 4G dipasang Telkomsel di NOC bisa dipakai untuk umum. Namun setelah itu, internet gratis tersebut akan ditutup. “Itu sebagai promosi,” ujarnya.

Sebelumnya, Rudiantara meminta pemerintah daerah memberikan kemudahan izin kepada provider mana saja yang akan memanfaatkan fiber optik Palapa Ring Barat.(sya)