Rabu, 24 April 2024

Hang Nadim Bangun Terminal 2

Berita Terkait

Sejumlah pesawat saat parkir di Bandara Hang Nadim Batam,. Bandara Hang Nadim akan melakukan revitalisasi. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Bandara Internantional Hang Nadim Batam terus melakukan pembenahan. Untuk jangka panjang, pengelola Hang Nadim merencanakan untuk pembangunan terminal baru. Terminal yang menghabiskan anggaran sekitar 448 juta dolar Amerika itu, direncanakan nantinya menjadi terminal untuk penerbangan domestik.

“Sedangkan terminal lama, jadi terminal untuk penerbangan internantional,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso, Sabtu (7/4).

Ia mengatakan sesuai perencanaan dari BP Batam, terminal baru lebih luas dari terminal lama. Dan dapat menampung penumpang lebih banyak dari terminal lama. Selain itu nantinya garbarata atau belalai gajah yang dibangun ada sekitar 8.

“Terminal yang sekarang ini baru ada 6 garbarata,” ungkap Suwarso.

Sesuai dengan perencanaan BP Batam, lelang pembangunan terminal II Hang Nadim ini akan dilaksanakan pertengahan tahun depan. Lokasi terminal II ini terletak di sebelah kiri dari terminal lama Hang Nadim.

Ada belasan perusahaan baik dari luar negeri maupun dalam negeri menyatakan minatnya membangun terminal II Hang Nadim.

“Direncanakan pembangunan ini selama 36 bulan,” ungkapnya.

Selain membangun terminal kedua, Hang Nadim juga akan memperluas bagian kargonya. Pembangunan kargo yang canggih serta modern, sesuai dengan cita-cita BP Batam yang mewujdukan Kota Logistik. “Pembangunan kargo ini menghabiskan dana sekitar 228 dollar Amerika, dibangun setelah rampungnya pengerjaan terminal,” ungkapnya. (ska)

Update