Rabu, 17 April 2024

ACT Himpun Kekuatan Relawan Untuk Kemanusiaan

Berita Terkait

Anca Ardiansyah bersama beberapa narasumber memberikan pemaparan materi pada acara Batam Community Gathering yang diselenggarakan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Kantor Pemko Batam, Minggu (8/4). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Aksi Cepat Tanggap (ATC) Kepri menggandeng Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kepri gelar acara Community Gathering di Aula Lantai 4 Kantor Wali Kota Batam, MInggu (8/4) kemarin.

Kepala Cabang ATC Kepri Brinanti Sandwika Jalius mengatakan acara tersebut guna menjalin silaturahmi dengan komunitas se Batam. Menurutnya, di Batam cukup banyak komunitas kemanusiaan. Potensi ini jika terhimpun dengan baik aksi kemanusiaan dipastikan akan lebih terasa.

“Kami ingin himpun kita ini agar berada dalam frekuensi yang sama. Kalau berjamaah efeknya lebih masif dan tentu besar,” ucap dia.

Dalam kesempatan ini, pihaknya mengundang sekitra 170 komunitas, dari komunitas kedaerahan (paguyuban) hingga klub motor. Dari sekian banyak yang diundang, ia mengaku acara tersebut dihadiri lebih dari 100 perwakilan komunitas.

“Ada harapan ke depan banyak agenda yang bisa bersama-sama kami lakukan,” harap dia.

Menurutnya, sejak ACT Indonesia didirikan 2005 lalu sudah melakukan berbagai kegiatan kemanuasiaan. Tak terkecuali ACT Kepri, walau baru hadir di Batam Januari 2018 ini, berbagai kegiatan sudah dilakukan dari menggelar kegiatan konser amal, program bantu masjid, hingga ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman tentang gerakan kemanuasiaan sejak dini.

“Artinya kita manusia. Sudah tentu punya kewajiban untuk memanusiakan manusia,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, kini sedang proses menghimpun bantuan beras atau dana yang akan diwujudkan melalui program Kapal Kemanusiaan untuk Suriah. Targetnya ada 1.000 ton beras yang akan dikirim pada 21 April 2018 nanti.

“Dari Kepri kirim uang cash, nanti akan dibelikan beras dari petani-petani kita (Indonesia) sendiri,” pungkasnya. (adi)

Update