Jumat, 19 April 2024

Pemko Minta Penderita HIV Melapor

Berita Terkait

Usut Korupsi Insentif Pajak di Sidoarjo

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

batampos.co.id – Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Tanjungpinang Rustam mengimbau warga yang sudah dinyatakan positif mengidap HIV segera melapor.

Hal ini dimaksudkan agar segera bisa diberikan layanan pemeriksaan dan tindakan lebih lanjut untuk terapi dan upaya pengobatan. “Layanan kami untuk terapi HIV dan infeksi oportunistiknya sudah cukup memadai. Demikian juga dukungan ketersediaan obat sangat mencukupi,” beber Rustam, kemarin.

Pelayanan semacam ini, sambung Rustam, sudah lama menjadi prioritas pihaknya. Sebab itu, sudah menjadi komitmennya kepada orang yang positif HIV diberikan fasilitas pelayanan yang sebaik-baiknya sesuai kebutuhan pasien.

“Itu yang bisa kami lakukan selain dengan terus sosialisasi pencegahan dari waktu ke waktu kepada masyarakat,” ujar Rustam.

Di antara upaya pencegahan yang dilakukan saat ini berupa sosialisasi dan edukasi kepada komunitas risiko tinggi dan risiko rendah untuk berperilaku seks aman. Kemudian, diimbau Rustam agar tidak melakukan seks di luar nikah dan tetap setia kepada pasangan sah.

“Sementara bagi warga yang sadar pernah memiliki riwayat perilaku berisiko, juga kami imbau untuk mengakses layanan seawal mungkin agar diketahui statusnya positif atau negatif,” kata Rustam.

Tidak terkecuali bagi ibu hamil. Sebab, tes HIB bagi ibu hamil sangat penting untuk memulai terapi ARV bila positif, agar bayi yang dilahirkannya nanti terhindar dari penularan HIV.

Rustam menyebutkan, kini di Tanjungpinang ada satu anak berumur di bawah 4 tahun positif HIV, lalu ada 2 orang berusia 15-24 tahun, 21 orang berusia 25-49 tahun dan 1 orang berusia di atas 50 tahun.(aya)

Update