batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Lingga Junaidi Adjam geram karena banyak guru yang malas mengajar di daerah terpencil di Kabupaten Lingga. Ia mengancam akan memecat oknum guru yang ogah-ogahan menjalankan pekerjaannya itu.

“Saya akan mengeluarkan surat pemecatan bagi guru-guru yang malas,” kata Junaidi kepada Batam Pos, Selasa (10/4) siang.

Junaidi mengatakan, banyaknya guru malas itu diketahuinya saat ia melakukan kunjungan ke daerah terpencil. Ia kaget melihat banyaknya kelas yang kosong hingga minim guru yang mengajar. Akibatnya, kegiatan belajar mengajar (KBM) berkurang bahkan ada yang libur karena tidak ada guru.

Seperti sekolah di daerah Bangsal, dari sepuluh tenaga pengajar, ia hanya melihat dua guru honorer yang hadir. “Sepertinya guru di sana kurang motivasi sehingga malas untuk mengajar,” ujar Junaidi.

Menurutnya, motivasi mengajar di daerah terpencil semakin menurun karena tidak adanya kucuran dana untuk guru daerah terpencil. “Beberapa tahun belakangan memang tunjangan guru daerah terpencil untuk Kabupaten Lingga tidak ada lagi,” kata Junaidi.

Selain kondisi guru yang malas, Junaidi juga menemui sejumlah sarana sekolah dan kelas yang sangat menghawatirkan. Seperti sekolah di Teluk Nipah, kondisi sarana di sekolah tersebut rusak parah sehingga membutuhkan peremajaan. (wsa)

Respon Anda?

komentar