Aupa Samake. F. Slamet/batampos.co.id

batampos.co.id – Badan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memasang enam BTS (Base Transceiver Station) di enam pulau berbeda di Bintan.

”Enam BTS ini prioritas desa yang sama sekali tidak terjangkau sinyal telekomunikasi,” kata Kabag Kominfo Kabupaten Bintan Aupa Samake ketika dijumpai di Kompleks Bandar Seri Bintan, Selasa (10/4).

Keenam BTS yang akan dibangun itu, yakni di Pulau Pinang, Pulau Mentebong, Pulau Pengikik, dan Pulau Pejantan di Kecamatan Tambelan. Juga akan dibangun di Pulau Numbing dan Pulau Mapur di Kecamatan Bintan Pesisir.

Aupa menjelaskan awal mulanya pihak BP3TI melakukan survei di 12 wilayah. Yaitu Pulau Pinang, Pulau Mentebong, Pulau Pengikik, dan Pulau Pejantan, Kampung Melayu di Kecamatan Tambelan, Lancang Kuning Bintan Utara, Kelong, Pulau Mapur di Kecamatan Bintan Pesisir, serta Sebong Pereh, Engkang Anculai, Pengudang dan Berakit di Kecamatan Teluk Sebong.

Dari survei tersebut hanya enam daerah yang disetujui untuk dibangun BTS karena daerah tersebut masih blank spot sinyal telekomunikasi. Sisanya masih didapati sinyal yang laik. “Pem­bangunan BTS ini untuk mendukung program internet perdesaan,” pungkasnya.(met)

Respon Anda?

komentar