Kamis, 25 April 2024

Prioritas Sektor Pariwisata

Berita Terkait

batampos.co.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam akan menggelar dialog ekonomi pada rapat pimpinan Kadin Batam 2018-2019 di Best Western Premiere Panbil, Kamis (12/4). Ada lima rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah daerah. Salah satunya menyangkut pariwisata di Batam.

“Sektor pariwisata kita prioritaskan karena melibatkan banyak pihak,” kata Ketua Kadin Kota Batam Jadi Rajagukguk, Selasa (10/4).

Diakuinya, pada rapim tahun lalu, Kadin Batam juga merekomendasikan sektor pariwisata. Hal ini tidak lepas dari lesunya sektor industri yang lain. Kadin berkeyakinan, sembari menunggu pulihnya sektor manufaktur dan industri lain, sektor pariwisata mesti mendapat perhatian pemerintah. “Saat ini pariwisata bukan saja urusan pemerintah tetapi juga industri pariwisata itu sendiri,” tuturnya.

Empat rekomendasi lainnya yang dipaparkan menyangkut ketenagakerjaan, kepastian hukum, perdagangan serta pemberdayaan UKM. Dialog ekonomi ini nantinya mengambil tema optimalisasi peran Kadin Batam sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi Batam. “Rekomendasi ini akan kita sampaikan kepada Pemko, BP Batam dan DPRD Batam,” lanjut Raja.

Sebagai mitra pemerintah daerah dan diatur oleh undang-undang, hal ini dianggap penting untuk ditindaklanjuti. Ketua Panitia Rapim Kadin Batam, Suyono menambahkan, ada beberapa narasumber dalam kegiatan ini Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, Wali Kota Batam, Ketua BP Batam Ketua DPRD Batam dan pengusaha. “Ini sesuai yang dijadwalkan. Mudah-mudahan bisa terselenggara dengan baik,” kata Suyono.(rng)

Update