Sabtu, 20 April 2024

Tegur yang Buang Sampah ke Laut

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun berdialog dengan petugas kebersihan laut, beberapa waktu lalu. Nurdin mengingatkan petugas kebersihan untuk menegur jika menemukan warga membuang sampah ke laut. F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun berupaya agar laut Kepri selalu bersih dari sampah. Dalam banyak kesempatan, dia selalu mengajak masyarakat menjaga ke­bersihan laut. Apalagi warga yang tinggal di bibir pantai, dekat pelabuhan, atau pelantar.

Malah saat melewati Pelantar I Tanjungpinang, pekan lalu, Nurdin mengapresiasi petugas pembersih sampah di sekitar kawasan tersebut. Nurdin men­ gimbau agar petugas membangkitkan kesadaran untuk menjaga kebersihan laut.

“Tegur saja mereka yang mem­buang sampah di laut. Beri pemahaman dan kesa daran,” kata Nurdin saat melewati Pelantar I Tanjungpinang.

Nurdin memberi semangat petugas kebersihan laut tersebut. Bagi Nurdin, laut Kepri yang luasnya 96 persen adalah sum­ber kehidupan. Yang paling rutin hadir dalam kehidupan sehari-hari adalah ketersediaan biota laut sebagai sumber protein.

Nurdin menyampaikan, lautan yang bersih akan memengaruhi kehidupan biotanya. Jangan sampai sampah mengganggu kehidupan biota dan ikut mengurangi jumlahnya.
Selain itu, potensi pariwisata juga ikut terganggu, ketika sampah banyak yang men­gapung di sekitar pelabuhan, hal tersebut dengan sen­dirinya memengaruhi “rasa” wisatawan. “Kita jagalah laut kita supaya bersih dari sampah,” kata Nurdin.

Nurdin juga mengimbau mas­yarakat sadar akan pentingnya kebersihan laut. Yang paling utama adalah masyarakat tidak membuang sampah ke laut. Karena laut bukanlah tempat untuk membuang sampah. (bni)

Update