Iklan
Bupati Karimun Aunur Rafiq melantik Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Karimun untuk mencegah timbulnya berbagai gangguan di masyarakat. F. Sandi Pramosinto/batampos.co.id

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq melantik pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarkat (FKDM) 2018-2021 di Gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, Rabu (11/4). Salah satu tujuan dibentuknya forum ini tidak lain untuk ikut menciptakan situasi di Kabupaten Karimun selalu kondusif.

“Sesuai dengan namanya, berarti forum ini harus mampu dan bisa mendeteksi dini berbagai kemungkinan yang akan terjadi di lingkungan masyarakat,” ujar Aunur.

Dengan melakukan pendeteksi secara dini, forum ini dapat langsung terjun ke masyarakat agar peristiwa yang berpotensi menjadi gangguan di masyarakat tidak terjadi,” ujar Rafiq.

FKDM, katanya, tidak bekerja sendirian. Melainkan dengan funsgi yang dimilikinya juga harus menjalin sinergitas dengan pihak kepolisian dan TNI. Misalnya dari Babinkamtibmas dan Babinsa. Karena, unsur dari aparat Polri dan TNI juga sama, yakni mencegah terjadinya gangguan di masyarakat. Sehingga jika memang menemukan ada hal-hal yang bisa meresahkan masyarakat, selain turun menyelesaikan, juga selalu berkoordinasi dengan Babinkamtibmas dan Babinsa.

“Saya yakin bahwa FKDM ini bisa menjalankan tugas dan fungsinya. Apalagi di dalam forum ini juga ada pensiunan Polri,” katanya.

Pengetahuan yang dimiliki selama bertugas, kata Rafiq, dapat diterapkan dalam menjalankan perannya di masyarakat. “Dan Alhamdulillah sama-sama kita tahu, saat ini situasi dan kondisi di Kabupaten Karimun secara umum kondusif. Ini semua tercipta karena peran serta dari seluruh lapisan masyarakat yang menginginkan daerah kita tetap aman untuk menjalankan aktivitas sehari-hari,” jelasnya.

Rafiq berharap FKDM mampu menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Karimun dan juga seluruh lapisan masyarakat. Apalagi mengingat mulai tahun ini sudah masuk tahun politik. Sehingga proses kegiatan demokrasi tentunya dapat menjadi akses untuk FKDM turun ke masyarakat. Tujuannya mengajak masyarakat agar selalu meningkatkan persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara. Serta mencegah timbulnya konflik di tengah-tengah pesta demokrasi.(san)