Lurah Sungai Raya Rasandi Oknadi Gea menyerahkan SPPT PBB PP, beberapa waktu lalu. F. Dokumentasi Kelurahan Sungai Raya

batampos.co.id – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Karimun mulai mendistribusikan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi Bangunan Pedesaan Perkotaan (SPPT PBB PP) sebanyak 77.787 lembar kepada Wajib Pajak (WP) di 12 Kecamatan se-Kabupaten Karimun.

Tahun 2018 ini, Pemkab Karimun menarget pendapatan PBB Rp 5,5 miliar. Target itu naik dari target 2017 lalu yang hanya Rp 5,1 miliar.

”Alhamdulillah, di tahun 2017 kita melebihi target menjadi Rp 5,9 miliar. Dengan surat SPPT PBB yang sudah disebar sebanyak 76.236 lembar,” jelas Kepala Badan Pendapatan Daerah Karimun Kamarulazi, Rabu (11/4).

Dengan telah dibagikannya lembar SPPT PBB, maka WP sudah bisa membayar PBB di bank-bank yang sudah bekerja sama dengan Bapenda Karimun seperti Bank Riau Kepri, BNI dan Kantor Pos dengan membawa bukti SPPT PBB PP. Batas akhir pelunasan pada akhir September mendatang.

“Kalau pajak paling besar ada di SPPT PBB PP. Selain pajak lainnya yang terus kita optimalkan nantinya,” jelasnya.

Walapun penyerapan PBB PP setiap tahunnya melampaui target, pihaknya juga terus melakukan pemutakhiran data bagi WP. Mengingat peralihan dari Pajak Pratama beberapa tahun lalu hingga saat ini belum selesai semuanya. Sebab pendataan terkendala terhadap pemilik lahan maupun bangunan.

”Kita imbau kepada masyarakat agar melihat surat SPPT PBB PP di kantor kelurahan maupun desa. Jangan sampai terkena denda nantinya. Yang jelas bagi WP setiap tahunnya ada peningkatan dengan melakukan pembayaran tepat waktu,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Sungai Raya Rasandi Oknadi Gea mengatakan, pihaknya sudah membagikan lembar SPPT PBB PP di 15 RT untuk dibagikan kepada WP. Dengan total surat SPPT PBB PP sebanyak 2.519 lembar dengan nilai Rp 189.115.828.

”Di sini jumlah penduduknya mencapai 5.395 jiwa. Dan setiap tahunnya, banyak WP melaksanakan kewajibannya,” singkatnya.

Terpisah, Ketua RT 001 / 003 Azwar setelah dirinya menerima surat SPPT PBB PP akan segera membagikan kepada WP. ”Biasanya kita serahkan pada malam hari. Maklum siang banyak yang beraktivitas,” ucapnya.(tri)

Respon Anda?

komentar