Pegawai Negeri Sipil Pemko Batam meninnggalkan lapangan Engku Putri Batamcenter usai melaksanakan apel gabungan. | Cecep Mulyana

batampos.co.id – Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengatakan formasi CPNS akan diumumkan Mei mendatang. Kini berbagai daerah, termasuk Batam sedang mengajukan formasi kebutuhan PNS.

“Sekarang belum, nanti Mei baru kami putuskan,” kata Asman di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (11/4) siang.

Ia mengatakan, berdasarkan ajuan daerah, kementrian yang ia pimpin akan menyesuaikan kebutuhan PNS dengan potensi yang dimiliki setiap daerah. ” Kami akan lihat kontennya. Misalkan potensi daerahnya industri atau pertambangan. Tidak boleh lagi mengajukan pegawai administratif,” imbuh mantan Wakil Wali Kota Batam ini.

Menurutnya, kebutuhan PNS baru di daerah kelak akan mempertimbangkan analisis beban kerja yang telah disusun oleh daerah. Terait hal ini Asman mengklaim Kemenpan RB punya tolak ukur, proses rekruitmen aparatur sipil negar sekarang lebih selektif

“Jadi kalau beban kerjanya berapa, butuh pegawainya juga berapa. Tidak boleh lagi nerima pegawai secara gelondongan. Semua pakai rumusan, tidak ada main-main lagi sekarang,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala BKD Batam, Sahrir mengatakan, Pemko Batam sudah mengajukan kebutuhan PNS Kementerian PAN RB. Dimana kebutuhan yang diajukan, tenaga guru SMP sebanyak 481 orang, tenaga guru SD 551 orang, tenaga kesehatan untuk RSUD 263 orang, tenaga kesehatan Dinas Kesehatan Kota Batam 140 orang, dan 723 tenaga fungsional yang dihimpun dari seluruh OPD yang ada saat ini. Totalnya, mencapai 2.158 PNS.

“Jumlah ini berdasarkan kebutuhan dan seiring bertambahnya fasilitas seperti sekolah dan puskesmas,” ucap Sahir. (adi)

Advertisement
loading...