Jumat, 29 Maret 2024

Menteri BUMN Resmikan MV Dharma Lautan Indah

Berita Terkait

Mentri BUMN Rini Soemarno bersama Menpan RB Asman Abnur, Jaksa Agung RI Muhammad Prasetyo meninjau Kapal MV Dharma Lautan Intan yang baru diresmikan di Pelabuhan Batuampar, Rabu (11/4). | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarmo meresmikan kapal MV Dharma Lautan Indah. Kapal kargo ini dimiliki Djakarta Lloyd (Persero) di Pelabuhan Batuampar, Rabu (11/4). Kapal ini akan menjadi armada baru perseroan.

“Mengapa kapal seperti ini, karena ada crane nya di dalam. Sekarang masih banyak pelabuhan yang belum memiliki crane. Sehingga sulit menerima kontainer-kontainer yang datang,” katanya diatas kapal tersebut, Rabu (11/4) kepada insan media.

Kapal tersebut dibeli dari Singapura seharga Rp 164 miliar yang kemudian direnovasi ulang. Tujuan pembelian tersebut adalah untuk menggarap kontrak pengangkutan batu bara dari PT PLN.

Rini melanjutkan bahwa dengan keberadaan kapal ini, maka bisa menyinggahi pelabuhan-pelabuhan yang memiliki crane.

“Sangat efisien, bisa langsung pakai. Selain itu bisa juga untuk kepentingan yang lain. Benar-benar sangat dibutuhkan,” tambah Rini.

Sedangkan Jaksa Agung RI, H.M Prasetyo mengatakan MV Dharma Lautan Indah dibutuhkan karena pengangkutan batu bara sangat banyak.

“Jika buat lagi, waktunya akan lama. Jadi ini bukan keinginan kami, tapi merupakan suatu kebutuhan. Karena di Indonesia, butuh armada pengangkutan batu bara yang banyak,” katanya.

Ia juga mengatakan pemerintah berencana akan membangun lagi kapal curah untuk keperluan armada logistik pengangkutan batu bara.

“Nanti akan bangun sendiri. Tapi butuh waktu tiga tahun. Jadi selama waktu itu, kita akan penuhi kebutuhan pengangkutan batubara,” paparnya. (leo)

Update