Jumat, 29 Maret 2024

Pemerataan Pembangunan, Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun, MenPAN RB Asman Abnur, Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan pertemuan membahas pembangunan di Kepri, Rabu (11/4). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun meninjau Program Padat Karya Tunai 2018 di Daerah Pantai Panau, Pela­buhan Kabil, Nongsa, Batam, Rabu (11/4). Peninjauan dilakukan bersama Menteri PAN-RB Asman Abnur, Menteri BUMN Rini Soemarno, Jaksa Agung HM Prasetyo, Wali Kota Muhammad Ru­di, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, dan Kajati Kepri Asri Agung Putra beserta rombongan.

Nurdin mengatakan, pemerintah terus berupaya mewujudkan kesejahteraan rakyat. Ini tertuang dalam program-program pembangunan yang memenuhi kebutuhan pokok di daerah. “Program akan terus berjalan agar pembangunan dapat merata dirasakan masyarakat,” ujar Nurdin.

Yusri, masyarakat setempat mengadu kepada gubernur tentang berbagai kendala yang selama ini dirasakan masyarakat. Salah satunya soal banjir rob (air laut pasang) maupun banjir saat hujan deras.

Nurdin langsung merespons dengan mengatakan pemerintah akan membuat porgram padat karya, yakni membangun drainase untuk mengatasi banjir. Yusri juga mengeluhkan banyaknya bangunan sekolah yang sudah tidak layak pakai sehingga menyebabkan proses pendidikan terhambat. “Kita akan bantu untuk pembangunan gedung sekolah itu,” lanjut Nurdin.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan bahwa program padat karya merupakan bentuk partisipasi pemerintah untuk pemerataan pembangunan.
“Kita terus berupaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemerataan pembangunan,” ujar Rini.

Program itu sendiri merupakan program pemerintah pusat untuk daerah yang diselenggarakan dari 11-13 April 2018. Beberapa program yang dijalankan yakni pembangunan drainase sepanjang 300 meter yang melibatkan 300 pekerja dan empat unit MCK.

Program ini menghabiskan anggaran lebih dari Rp 1 miliar yang melibatkan empat BUMN, yakni Pelindo 1, BKI (Biro Klasifikasi Indonesia), PT Sucofindo, dan Persero Batam.
Kesempatan tersebut diserahkan bingkisan berupa perlengkapan sekolah kepada 50 siswa SD 07 Desa Panau.

Sebelum ke Kampung Panau rombongan meresmikan MV Dharma Lautan Intan, milik Djakarta Lloyd di Pelabuhan Makobar Batuampar. Kehadiran kapal curah ini untuk mendukung Djakarta Llyod mengangkut batu bara untuk PT PLN (Persero). (bni)

Update