Iklan
Sejumlah pekerja sedang menambang pasir di sekitar dam Tembesi, Jumat (9/3). Tambang pasir ilegal yang berada di hutan lindung ini merusak dam dan daerah tangkapan air. | Alfian/ Batam Pos

batampos.co.id – Deputi IV BP Batam Eko Budi Soepriyanto akan segera membentuk tim untuk mengatasi kegiatan tambang pasir ilegal di sekitar Dam Tembesi. Pasalnya kegiatan tersebut dikhawatirkan dapat membuat dam tersebut jebol jika terus dibiarkan berlarut-larut.

Iklan

“BP sendiri punya satuan untuk mengamankan itu. Dan ini sudah menjadi konsentrasi pimpinan BP untuk menanganinya,” kata Eko, Kamis (12/4).

Pihaknya sudah berulang kali melakukan penertiban. Tapi setelah usai, maka beberapa hari kemudian, kegiatan tambang pasir ilegal berjalan normal seperti biasanya.

“Beberapa hari lalu juga ada penertiban, besoknya malah muncul-muncul lagi. Kami memang tak boleh lengah,” ucapnya.

Penambangan pasir ilegal dapat merusak area tangkapan air di sekitar dam. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan sekali karena dam tersebut merupakan penopang utama penyedia air bersih bagi masyarakat Batam.

“Kita akan segera bahu membahu dengan aparat keamanan lain. Nanti bisa rusak catchmen area dan bisa jebol dam itu,” paparnya.

Menurut Eko, pekerjaan penambang pasir benar-benar merugikan lingkungan.”Mereka tak berpikir ke arah kerusakan lingkungan, karena yang penting bisa dapat keuntungan saja dari itu,” jelasnya.

Mengenai mesin-mesin penambang pasir yang tak kunjung diangkut Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam, ia enggan berkomentar.

“Saya terima kasih atas masukan dari teman-teman. Mesinnya ya oke-oke,” ujarnya.

Permasalahan tambang pasir ilegal ini memang sudah lama menjadi kontroversi. Namun tak kunjung dibenahi baik oleh pemerintah daerah maupun BP Batam. Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kepri Ruslan Kasbulatov mengatakan tidak ada sama sekali upaya hukum dari pihak terkait untuk mengatasi masalah ini.

“Ada apa dengan PPNS Pemprov dan BP Batam. Tak mungkin mereka tak tahu. Pasti ada permainan,” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa Dam Tembesi adalah dam yang dibutuhkan untuk menjaga ketahanan air bersih di Batam. Pengelolannya yakni BP Batam harus bisa menjaganya dengan sebaik-baiknya.

“Jika bicara investasi, maka harus ada ketersediaan air. Jangan yang ini malah dibiarkan terus,” paparnya.(leo)