Iklan

batampos.co.id – Tiga bocah berumur belasan tahun pelaku kriminal pencurian di Dabo Singkep diamankan warga Rabu malam (11/4). Mereka tertangkap tangan saat mencuri di Dabo Kota.

“Saat ini mereka menjalani pemeriksaan di Polsek Dabo Singkep. Rencana besok (hari ini, red) dilakukan diversi,” kata Komisioner KPPAD Zulya­din salah seorang Komisi Per­lindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) Kabupaten Lingga, Kamis (12/4).

Zulyadin menambahkan, KPPAD masih mencari tahu penyebab keberanian anak melakukan tindak kriminalitas. Apakah hal ini dikarenakan era komunikasi semakin terbuka luas dengan adanya internet, atau karena lingkungan yang salah.

Namun Zulyadin memastikan salah satu faktor yang pa­ling menentukan adalah pe­ran serta orangtua yang se­makin lemah dalam mendi­dik dan memperhatikan anak. Seperti kasus ini, Zulyadin merasa heran anak berumur belasan tahun keluyuran di luar rumah pada jam malam.

Sehingga Zulyadin menyimpulkan kalau orangtua mereka tidak memberikan perhatian khusus dan mendidik mereka agar menjauhi dari tindak kejahatan. Anak itu, semestinya dididik dari rumah terlebih dahulu sehingga baik saat keluar, berbaur dengan masyarakat.
Untuk itu, Zulyadin mengajak seluruh lapisan masyarakat menjaga anak-anak khususnya anak di Kabupaten Bunda Tanah Melayu ini agar mendapat perhatian lebih sehingga anak tersebut menjadi generasi penerus yang baik bagi bangsa dan negara.

Untuk kasus tiga anak yang diamankan ini, Zulyadin memastikan KPPAD akan hadir dalam diversi dan berusaha agar anak tersebut berubah dan mau menjadi anak yang patuh terhadap undang-undang.(wsa)