Iklan
Oppo F7 (DigitIn)

batampos.co.id – Oppo dan Xiaomi, dua pabrikan ponsel asal Tiongkok akan merilis ponsel andalan dalam jarak waktu hanya sehari. Ya, sehari.

Iklan

Oppo dikabarkan akan merilis ponsel terbarunya yang andal dalam sektor selfie pada 17 April pekan depan. Tak ingin kalah dari kompetitornya, Xiaomi juga akan merilis smartphone terbarunya satu hari setelahnya, yakni pada 18 April.

Kedua perangkat ponsel beda pabrikan yang akan meluncur pekan depan itu memang menarget pasar berbeda. Oppo dengan Oppo F7-nya masih setia dengan konsep yang diusungnya. Sesuai tagline ‘Selfie Expert and Leader’ Oppo memboyong F7 dengan kemampuan kamera selfie yang mumpuni.

Sementara untuk Xiaomi, ponsel yang akan dirilisnya adalah Redmi Note 5. Xiaomi Redmi Note 5 sejatinya sudah meluncur lebih dulu di pasar global, yakni di India pada 14 Februari lalu. Namun untuk pasar Indonesia, seperti diberitakan sebelumnya, Xiaomi akan membawa upgrade spesifikasi untuk ponsel yang akan dibawanya di Indonesia.

Ya, Xiaomi Redmi Note 5 untuk pasar Indonesia menawarkan chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 636. Dengan chipset tersebut membuat Xiaomi menjadi vendor pertama di Indonesia yang menyuguhkan chipset terbaru itu.

Lainnya, dari segi spesifikasi, Oppo F7 memiliki rasio layar yang lebih besar 19:9 fullscreen resolusi FHD+ 2.280×1.080 piksel. Layarnya juga kekinian, seperti yang sudah beredar, Oppo F7 hadir dengan layar dengan takik di bagian atasnya.

Menyoal prosesor, Oppo F7 menggunakan MediaTek P60. Penyimpanannya, Oppo membekali F7 dengan dua varian RAM dan ROM, yakni RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB.

Urusan fotografi, Oppo F7 menawarkan sensor 25 megapiksel untuk kamera depannya yang lebih baik dengan diafragma F/2.0. Oppo juga memperbarui kemampuan kecerdasan buatan (AI) Beauty Recognition Technology yang diusungnya. Oppo F7 juga meningkatkan kemampuan pindaihya menjadi 294 titik wajah.

Tak berhenti di situ, ada pula fitur AI pada kamera swafoto yang dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah penggunanya. Harganya, Oppo Indonesia baru saja merilis harga perangkat ini, yakni Rp 4,199 juta, lebih rendah daripada di India

Xiaomi Redmi Note 5 (GSMArena)

Beralih ke Xiaomi Redmi Note 5, smartphone ini hadir dengan layar panel IPS LCD 5,99 inci dengan rasio 18:9 beresolusi 2.160 x 1.080 piksel. Prosesornya menggunakan Qualcomm Snapdragon 636.

Di India, smartphone ini juga dibenamkan dua varian RAM, RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Namun, di India Redmi Note 5 tidak mengusung konsep kamera ganda sebagaimana yang ada pada varian Redmi Note 5 Pro.

Xiaomi Redmi Note 5 dibekali dengan kamera utama ganda dengan resolusi 16 MP dan 5 MP. Adapun kamera depan memiliki resolusi 8 megapiksel. Adapun besaran baterai untuk Redmi Note 5 berdaya 4100 mAh.

Soal harganya, Xiaomi Indonesia masih bungkam. Namun, di India, perangkat ini dihargai INR 9.999 atau sekitar Rp 2,2 juta untuk varian RAM/memori internal 3 GB + ROM 32 GB. Sementara untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB dibaderol INR 11.999 atau berkisar di angka Rp 2,6 juta.

(ryn/JPC)