ilustrasi

batampos.co.id – Sebanyak 520 rumah tangga di Tanjungpinang akan disurvey pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Tim Enumerator Riset Kesehatan Dasar yang sudah berada di Tanjungpinang sejak awal pekan lalu.Tugas tim ini adalah mengumpulkan data untuk keperluan evaluasi keberhasilan pembangunan kesehatan dan perencanaan lima tahunan yang ada di Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Tanjungpinang, Rustam menjelaskan, sampel yang diambil berasal dari 52 klaster yang ada dengan masing-masing klaster diambil 10 rumah tangga sebagai perwakilan sampel. “Ada banyak hal yang disurvei oleh tim selama kurang lebih satu bulan di Tanjungpinang,” terang Rustam, Minggu (15/4).

Diantaranya mengenai situasi dan kondisi terkini penyakit menular, penyakit tidak menular, gangguan jiwa, disabilitas atau ketidakmampuan. Angka cedera, pelayanan kesehatan tradisional, perilaku masyarakat di bidang kesehatan, pengetahuan dan sikap terhadap penyakit HIV. Pemberian tablet tambah darah pada remaja putri, juga mengenai kesehatan ibu dan balita.

Selain melakukan wawancara terhadap seluruh anggota keluarga dalam rumah tangga yang disurvei, juga akan dilakukan sejumlah pengukuran. “Mulai dari tinggi badan, berat badan, lingkar perut, lingkar lengan atas, kadar gula darah, sampai ke tekanan darah dan masih banyak lagi,” terang Rustam.

Ia mengimbau agar masyarakat dapat menerima tim survei dengan baik. Pasalnya yang turun langsung bukan petugas abal-abal, melainkan tenaga terlatih lulusan diploma dan sarjana yang sudah terlatih. Rustam juga meminta kepada camat dan lurah setempat bisa kooperatif dengan proaktif menginformasikan kegiatan survei ini ke masyarakat di wilayahnya. (aya)

Advertisement
loading...