batampos.co.id – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, bersama-sama dengan Liga Arab dapat berkontribusi pada intensifikasi penyelesaian politik dan pemulihan Syria dan Irak.

“Rusia siap untuk mengembangkan kerja sama dengan Liga Arab untuk menjamin stabilitas regional,” kata Putin seperti dilansir TASS, Senin (16/4).

“Saya berharap di belakang kekalahan pasukan utama ISIS di Syria dan Irak, kita dapat bersama-sama berkontribusi untuk mengintensifkan penyelesaian politik dan proses rekonstruksi pascakonflik di negara-negara tersebut. Selain itu juga segera menangani masalah kemanusiaan yang mendesak,” kata Putin dalam pesan ucapan selamatnya kepada para peserta pertemuan Liga Arab.

Putin juga mencatat, perlu untuk melanjutkan perjuangan melawan kelompok-kelompok teror. Namun tidak lupa menghormati kedaulatan dan integritas teritorial negara-negara Arab.

Menurut Putin, normalisasi situasi di Timur Tengah tidak mungkin tanpa menyelesaikan masalah Palestina.

“Semua masalah yang berkaitan dengan status wilayah Palestina, termasuk masalah Yerusalem, perlu ditangani melalui negosiasi langsung Palestina-Israel atas dasar hukum internasional yang diakui secara umum,” katanya.

Menurutnya, resolusi yang relevan adalah yang disahkan oleh Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB. Ia juga mendukung Prakarsa Perdamaian Arab yang didukung oleh Liga Arab.

KTT Liga Arab diadakan di Saudi pada Minggu (15/4). Tujuh belas kepala negara kawasan Arab hadir tanpa kehadiran presiden Syria Bassar Al Assad.

Dalam KTT tersebut, Raja Salman dari Saudi mengatakan bahwa ia mengecam Iran yang selalu ikut campur secara terang-terangan di kawasan Arab. Pertemuan tersebut dilakukan hanya 24 jam setelah gempuran rudal AS, Prancis, dan Inggris di Syria.

(ce1/iml/JPC)


loading...