Iklan
Ilustrasi | Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Sebayak 15.380 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat akan mengikuti pelaksanaan Ujian Nasioan (UN) 23-26 April mendatang. Tahun ini Dinas Pendidikan Kota Batam masih menerapkan dua cara penyelenggaraan UN yakni berbasis komputer dan kertas.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Batam, Hernowo mengatakan persiapan menjelang UN sudah berjalan 90 persen. Tahun ini ada 55 SMP sederajat yang ikut UNBK, delapan diantaranya merupakan SMPN.

Ia menyebutkan delapan sekolah negeri yakni SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6, SMPN 11, SMPN 12, SMPN 26,SMPN 53 dan SMPN 2 Belakangpadang yang menumpang di SMAN 2 Belakangpadang.

Untuk pelaksanaan UN, pihaknya sudah menyurati Bright PLN untuk memberikan pelayanan yang bagus untuk sekolah yang melaksanankan UNBK. Selain itu, soal jaringan pihak sekolah juga telah menghubungi masing-masing penyedia jasa layananan jaringan ini untuk membantu kelancaran selama ujian.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Batam Wiwiek Darmayanti mengungkapkan UNBK kali ini, pihaknya menyurati orangtua untuk meminjamkan laptop untuk dari siswa selama ujian berlangsung.

“Tahun ini kami sudah mandiri karena ada adanya bantuan dari siswa ini,” sebutnya.

Ia menyebutkan 469 siswa akan ikut UNBK April mendatang. Ada lima ruangan yang disediakan untuk UNBK. Satu ruang berisi 30 komputer. “Ada 104 laptop yang sudah kami pinjam dari orangtua siswa. Alhamdulillah orangtua ikut membantu kami dalam UNBK tahun ini,” tambahnya.

Sebelumnya siswa juga telah melaksanakan simulasi jelang UNBK. Wiwiek berharap seluruh siswa bisa lulus dengan nilai terbaik. “Walaupun bukan penentu siswa harus tetap fokus,” tutupnya.(yui)