Iklan
Pegawai Kecamatan Lubuk Baja saat membagikan E-KTP yang telah selesai perekamannya kepada warga, Senin (16/4). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam telah merampungkan pencetakan ribuan pengajuan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kecamatan Lubukbaja dab Seibeduk.

“Alhamdulillah, semua sudah selesai. Semua juga sudah kami distribusikan,” kata Kepala Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk Disdukcapil Batam, Teddy Nuh, Senin (16/4).

Ia menyebutkan penyelesaian ini lebih cepat dari target yang diberikan Wali Kota Batam Mei mendatang. Saat ini pencetakkan e-KTP yang terakhir yakni kecamatan Sekupang tengah berlangsung.

“On progres, sudah 50 persen tercetak. Mungkin minggu ini selesai, dan bisa segera didistribusikan,” ujarnya.

Teddy menjelaskan, saat ini untuk pencetakkan e-KTP Sekupang masih membutuhkan sedikitnya empat hingga enam ribu keping blanko.

“Yang kami gunakan saat ini adalah sisa dari Lubukbaja dan Seibeduk. Kalau tak ada masalah minggu ini kami sudah dapat tambahan blanko untuk merampungkan Sekupang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar mengatakan setelah merampungkan pencetakkan tumpukan e-KTP, seluruh alat akan dikembalikan masing-masing kecamatan mainland atau perkotaan.

“Nanti tak usah di sini lagi. Kalau berkas lengkap e-KTP sudah bisa cetak dan diambil langsung di kecamatan. Ini lebih cepat pastinya,” imbuhnya.

Sementara itu Camat Sekupang, Muhammad Arman mengatakan sedikinya 10 ribu e-KTP siap cetak menunggu diproses Disdukcapil.

“Kami yang terakhir dapat giliran. Saat ini pencetakkan sudah berlangsug,” sebut Arman.(yui)