batampos.co.id – Empat kapal ikan asing Berbendera Vietnam Diamankan KRI Abdul Halim Perdanakusuma (AHP) di perairan Natuna Utara.

Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setiawan mengatakan, penangkapan terhadap 4 KIA berbendera Vietnam terjadi pada hari Kamis dan Jumat (6/4) kemarin. Saat itu KRI AHP sedang melakukan operasi pengawalan perbatasan laut. Dan mendapati kapal ikan asing dalam dua hari berturut-turut ZEEI laut Natuna Utara.

“KRI AHP patrolinya mengawal laut perbatasan dari tindak ilegal fishing. Kapal ikan asing terpantau dalam radar berada di ZEEI dan menangkap ikan. Kini empat kapal sudah diserahkan ke Lanal Ranai,” katanya, Senin (16/4).

Dikatakan Danlanal, Empat KIA Vietnam yang diamankan diantaranya TG 91199 TS, BV 5225 TS, BV 5367 TS dan BV 5368 TS.
ke empat kapal ikan asing setelah digeledah tidak memiliki dokumen. Dan sedang melakukan penangkapan ikan dengan alat tangkap jenis PairTrawl maupun Purse Seine.

Dikatakan Harry, keberadaan kapal ikan asing yang mencuri ikan dilaut Natuna Utara sudah terus berkurang. Namun pelanggaran masih terjadi di ZEEI Laut Natuna Utara. Karena surganya bagi nelayan.

“Tiga KRI secara rutin melakukan operasi pengawalan. Jadi pelanggaran diperbatasan laut Natuna Utara berkurang. Memang selain tindakan penangkapan, upaya pencegahan dan pengusiran tetap dilakukan KRI,” ujar Danlanal.(arn)

Respon Anda?

komentar