Jumat, 29 Maret 2024

Kabupaten Lingga Perlu Perluasan Pencetakan Sawah

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun meninjau lahan persawahan di Kabupaten Lingga didampingi Bupati Lingga Alias Wello. foto:humas pemprov

batampos.co.id – Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Pending Dadih Permana, setelah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lingga menyatakan Kabupaten Bunda Tanah Melayu ini masih membutuhkan perluasan pencetakan sawah, hal ini diperuntukkan agar memperluaslahan lahan baku sawah dari yang telah ada.

“Namun ada sejumlah catatan yang mesti dilakukan dan dilaksanakan Pemkab Lingga agar pertanian ini berhasil,” kata Dadih saat melakukan kunjungan kerjanya selama dua hari ke Kabupaten Lingga, Senin dan Selasa (16/4) siang.

Catatan yang diberikan Dadih yakni, memperbaiki sistem irigasi serta membuat irigasi lebih baik lagi agar pengairian ke lahan sawah lebih dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Terlebih pengairan adalah salah satu syarat utama keberhasilan dalam dunia pertanian.

Seanjutnya, Dadih juga menyarankan agar melengkapi Alat dan mesin pertanian (alsintan). Peralatan juga sebagai indikator yang sangat mendukung keberhasilan pertanian khususnya pertanian padi.

Selain itu, Dadih juga mengajak Pemkab Lingga untuk dapat merubah pola pikir masyarakat, terutama masyarakat pesisir untuk lebih yakin dan rajin dalam beraktifitas di dunia pertanian. Pola pikir yang sejak lama tertanam tentunya tidak mudah untuk diubah dengan cepat.

“Pencetakan sawah tidak hanya menambah lahan persawahan, akan tetapi juga dapat merubah pola pikir masyarakat,” ujar Dadih.

Dadih memberikan masukan, seperti mengundang petani sukses dari luar daerah seperti dari Jawa untuk memberikan masukan serta motifasi kepada masyarakat Kabupaten Lingga. Selain itu, mencarikan pendamping atau penyuluh untuk memberikan tambahan serta bimbingan kepada kelompok tani yang ada.

Pada tahun ini, Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian akan membangun pencetakan sawah seluas 2000 hektar di Kabupaten Lingga. Dalam kesempatan yang sama, Dadih juga meninjau cetak sawah di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. (wsa)

Update