Selasa, 19 Maret 2024

KAL Pulau Menjangan dan KAL Pulau Pasoso Siap Amankan Perairan Indonesia

Berita Terkait

batampos.co.id – PT Palindo Marine Batam kembali mengukir prestasi dengan berhasil merampungkan dua unit kapal patroli pesanan TNI AL. Dua kapal itu adalah Kapal Angkatan Laut (Kal) Pulau Menjangan dan Kal Pulau Pasoso.

Kedua kapal yang termasuk dalam tipe KAL28 itu diresmikan langsung oleh Asisten Logistik (Aslog) Kepala Staff TNI AL (Kasal) Laksamana Muda TNI Mulyadi di galangan kapal PT Palindo Marine di Seilekop, Sagulung, Batam, Kamis (19/4) pagi.

Pada kesempatan yang sama Mulyadi juga langsung melantik Kapten Laut (P) Fuad Hilmi dan Kapten Laut (P) Mega Yudha Probowo sebagai komandan kapal Pulau Menjagan dan Pulau Pasoso. Dengan pelantikan dan pengukuhan komandan itu, kedua kapal karya anak bangsa ini sudah siap berlayar menjalankan tugas dan fungsinya sebagai armada pengaman wilayah perairan Indonesia.

Dalam arahannya Mulyadi menjelaskan, Kal Pulau Menjangan dengan nomor lambung I-5-39 akan ditempatkan di wilayah kerja Lanal Semarang, sementara Kal Pulau Pasoso dengan nomor lambung I-6-62 ditempatkan di wilayah kerja Lanal Palu. “Dengan adanya pelantikan dan peresmian kami segenap jajaran TNI AL akan semakin mantap dan profesional menjaga keamanan wilayah perairan kita,” ujar Mulyadi.

Kedua kapal tersebut merupakan jenis kapal patroli dengan panjang keseluruhan mencapai 33,26 meter, lebar 6,2 meter. Kedua kapal ini dilengkapi mesin berkecepatan 28 knot dalam kondisi bermuatan penuh dan bisa mencapai kecepatan 32 knot. Masing-masing kapal juga diawaki 15 personel.

Kepada jajaran TNI AL yang dipercaya untuk mengoperasikan kapal tersebut, Mulyadi berharap agar memanfaatkan kapal tersebut dengan baik untuk mencegah ataupun mengatasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan di wilayah kerja masing-masing.

“Harus benar-benar dirawat kapal-kapal ini. Bagaimanapun ini aset negara yang dipercayakan masyarakat kepada kita. Gunakan semaksimal mungkin untuk menjaga wilayah perairan kita,” pesannya.

Kepada PT Palindo Marine, Mulyadi juga menyampaikan apresiasi karena sudah sukses merampungkan dua unit kapal pesanan TNI AL itu. “Ini sudah yang kesekian kali. PT Palindo Marine sudah cukup baik menjalankan tugas yang kami percayakan. Kami berharap ke depannya semakin baik lagi dan terus sukses,” ujar Mulyadi.

Direktur PT Palindo Marine Batam, Hermanto (duduk kemeja putih/merah) bersama Asisten Logistik Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda TNI Mulyadi, beserta jajaran TNI AL dan karyawan PT Palindo foto bareng usai peluncuran Kapal Pulau Menjangan dan Kapal Pulau Pasoso di galangan kapal PT Palindo Marine di Seilekop, Sagulung, Batam, Kamis (19/4) pagi. | dalil harahap/batampos

Direktur PT Palindo Marine Hermanto mengaku senang dan bangga atas peresmian dua unit kapal yang dikerjakan jajarannya itu. Pengadaan dua kapal tersebut merupakan tindak lanjut kontrak kerja sama dengan Dinas Material TNI AL dengan PT Palindo Marine pada tahun sebelumnya.

“Pengerjaan juga tepat waktu dan hasilnya seperti yang bapak ibu lihat sendiri sudah cukup baik. Ini sudah jadi komitmen kami untuk memberikan yang terbaik buat negeri ini karena terus dipercaya untuk membuat kapal pertahanan negara,” ujarnya.

Pengerjaan dua kapal tersebut diakui Harmanto sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Termasuk diawasi biro klasifikasi kapal yang berkompeten. “Kapal ini juga sudah dilengkapi sistem persenjataan dan telah disertifikasi Dinas Kelaikan TNI AL,” ujar Harmanto.

Kepada TNI AL, Harmanto berharap agar kerja sama serupa terus berlanjut ke depannya. “Pada prinsipnya kami sangat siap memproduksi kapal jenis apapun yang dipesan. Kedepannya jangan ragu-ragu lagi. Kami selalu siap mempersembahkan karya terbaik untuk negara ini,” ujar Harmanto.(eja)

Update