Jumat, 29 Maret 2024

Sekda Minta Haul Jamak Jadi Agenda Wisata

Berita Terkait

batampos.co.id – Sekertaris Daerah Labupaten Lingga Juramadi Esram membuka kegiatan budaya turun temurun di Kabupaten Bunda Tanah Melayu dalam menyambut bulan suci Ramadhan, yakni kegiatan Haul Jamak di Daik Lingga, belum lama ini. Juramadi berpesan agar kegiatan ini dilaksanakan terus hingga anak cucu.

“Bukan hanya kegiatan budaya, namun kegiatan ini lebih kepada mempererat tali silaturahmi antara warga,” kata Juramadi saat memberikan sambutan.

Selain itu, Juramadi juga mengajak dengan adanya kegiatan Haul Jamak ini, masyarakat lebih merasakan suka cita dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Karena seperti yang diketahui bersama, bulan suci Ramadhan adalah bulan untuk mengumpulkan amal sebagai bekal kelak.

Haul Jamak yang dilakukan setiap setahun sekali dalam satu bulan sebelum Ramadhan, menurut Juramadi akan dapat menarik wisatawan jika dijadikan suatu agenda wisata di Kabupaten Lingga. Untuk itu, kegiatan ini kedepan dapat dipromosikan lebih luas agar diketahui warga lainnya.

“Di Bintan, saat Israk Mikraz itu banyak dikunjungi warga Malaysia dan Singpura. Makam Bukit Batu ramai oleh turis karena di promosikan dengan baik,” kata Juramadi memberikan contoh agar kegiatan Haul Jamak juga mendapat perhatian khusus.

Haul Jamak yakni kegiatan doa bersama untuk para leluhur biasanya diadakan dalam satu bulan menjelang bulan suci Ramadhan. Haul Jamak dilakukan bergiliran dari satu Masjid ke Masjid lainnya membaca doa dan ayat Alquran serta makan bersama di penghujung kegiatan. (wsa)

Update