Selasa, 16 April 2024

Jaga Lingkungan dengan Go Green, Program BP Batam untuk Lingkungan Sehat

Berita Terkait

batampos.co.id – Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada Minggu (22/4) ini, dua program dari Badan Pengusahaan yakni Go Green dan Go Clean. Dua program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Go Green dan Go Clean merupakan bagian dari program Seven Go yang diluncurkan BP Batam pada awal April lalu. Selain keduanya, masih ada lagi Go Investment, Go SME, Go Pray, Go Health dan Go Creative.

“Go Green menjadi upaya BP Batam untuk mendorong pertumbuhan industri yang berwawasan lingkungan sehingga diharapkan terus tumbuh,” kata Plt Kasubdit Humas BP Batam Muhammad Taofan di Gedung BP Batam.

Meskipun Batam merupakan kota industri, tapi masing-masing kawasan industri harus menyediakan ruang terbuka hijau sebesar 10 persen. Tujuannya adalah untuk menjaga iklim mikro agar sistem sirkulasi udara dan air secara alami dapat berlangsung dengan lancar. Sekaligus juga penyerap polutan media udara, air dan tanah serta tempat rekreasi bagi pekerja yang tengah beristirahat atau sedang libur.

Disamping menghijaukan kawasan industri, program Go Green ini juga menyasar daerah tangkapan air di sekitar waduk yang menjadi sumber air baku di Batam. Contohnya adalah kegiatan penanaman 5000 tunas pohon di sekitar Waduk Duriangkang minggu lalu.”Kegiatan ini bukan sekadar menanam akan tapi juga menjaga serta merawatnya,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan penghijauan di ROW jalan juga akan dilakukan BP Batam bersama Pemko Batam dan instansi terkait lainnya. Berikut juga pemeliharaan sejumlah taman.”Untuk kegiatan ini, nanti yang bertanggungjawab adalah dari kantor air dan bagian perawatan taman,” kata Taofan lagi.

Sedangkan program Go Clean bertujuan untuk membentuk lingkungan bersih dan asri. Sehingga melalui program ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memperhatikan lingkungan.

Go Clean ingin Batam ini bersih.Gerakan Go Clean ini terinspirasi dari cara masyarakat Eropa dalam merawat lingkungannya.

“Saya dapat video dari orang sedang jogging di Eropa. Mereka jogging dikasih kantong plastik untuk memungut tiap sampah yang mereka temukan,” paparnya.

Langkah awal yang sudah dilakukan adalah dengan menggelar gotong royong di aset-aset milik BP Batam seperti di Rumah Sakit BP Batam, Mesjid Raya, Poltek Batam dan lainnya. “Sekaligus memanfaatkan dan memelihara taman-taman milik BP Batam seperti Track Jogging Taman Rusa di Sekupang dan Taman Agribisnis di Temiang, pungkasnya. (leo)

Update