Selasa, 23 April 2024

Pemko Batam Rampungkan Pengerjaan Jalan Irinko Hingga Telkom

Berita Terkait

Dua orang pekerja sedang membersihkan jalan sebelum diaspal. | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam merampungkan pengerjaan jalan Raden Patah atau Simpang Irinco menuju Simpang Telkom, Pelita.

“Alhamdulillah, pengendara yang melalui jalan tersebut sudah bisa melewati jalan tanpa gangguan pengerjaan jalan lagi,” kata Kepala DBMSDA Batam, Yumasnur, Senin (23/4).

Ia menjelaskan pelebaran jalan dua lajur tersebut sudah selesai di aspal. Jalan yang tadinya satu arah yakni dari Telkom ke Irinco ditingkatkan menjadi dua lajur. “Jalanya cukup padat kendaraan, kemarin beberapa kali juga masuk di Musrembang dan tahun ini sudah kami wujudkan,” sebutnya.

Yumasnur menyebutkan, proyek pelebaran jalan ini sudah dimulai tahun 2017 lalu. Pengerjaannya disatukan dengan peningkatan infrastruktur Jalan Teuku Umar dan Jalan Sriwijaya atau dari bawah teromongan (Undespass) Pelita hingga Simpang Plasa Telkom.

Megenai anggaran pengerjaan jalan tersebut Pemko Batam menghabiskan Rp 8,7 miliar untuk peningkatan jalan underpass-Pelita-Irianco. Tahun ini jumlahnya meningkat menjadi Rp 17 miliar. Tahun ini merupakan proyek lanjutan dari yang sebelumnya.

Disinggung mengenai pengerjaan underpass menuju Telkom, Yumasnur menyebutkan masih dalam proses pelebaran. “Belum dalam waktu dekat ini rampung. Kontraknya masih lama lagi,” imbuhnya.

Sebagian proyek sudah berjalan, dan ada sebagian lain yang masih dalam tahap lelang. Proyek yang sudah berjalan antara lain lanjutan penataan jalan dari Flyover Simpang Jam menuju Simpang BNI Sei Panas. Jalan di depan Edukits ini sudah memasuki tahap pengaspalan.

“Kalau sudah selesai pengaspalan. Itu sudah 50 persen,” kata dia.(yui)

Update