Sejumlah elemen dilibatkan dalam penanaman bibit mangrove di Sungai Sebong Lagoi, belum lama ini. | PT BRC untuk Batam Pos

batampos.co.id – PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) menanam bibit bakau (mangrove replanting) di Sungai Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Bintan. Kegiatan tersebut terus dilakukan agar tepi sungai di daerah itu tidak abrasi.

“Sekitar 3.500 bibit mangrove sudah ditanam di Sungai Sebong Lagoi,” ujar Manager CD PT BRC, Machsun Asfari, Selasa (24/4).

Machsun menjelaskan, penanaman mangrove ini merupakan program Bintan Resort Green Initiative yang melibatkan berbagai elemen. Yakni, pengurus Karang Taruna dan perangkat desa dari Desa Sebong Lagoi, Sebong Pereh dan Kota Baru. Kemudian, mahasiswa beserta perwakilan staff BRC dari seluruh departemen.

Ada juga, Pemuda Pancasila Kecamatan Teluk Sebong dan Komunitas Nelayan Laut Biru Sebong Lagoi. Juga seluruh operator Mangrove Tour seperti Yethas, Wira Artha, BAP, BMC, Wessa, Green Mangrove, dan Safari Lagoi. Dia juga menjelaskan, sebenarnya program ini awalnya ditangani oleh Environment and Health Department PT BRC.

Selanjutnya, program ini melakukan pendampingan kepada karang taruna Desa Sebong Lagoi, Sebong Pereh dan Kelurahan Kota Baru. Selain itu, Ketiga karang taruna ini juga dilakukan pembinaan oleh Dinas Sosial Bintan.

Hasilnya, beberapa karang taruna sudah mampu melakukan pembibitan mangrove. Dimana bibit bakau tersebut digunakan untuk kegiatan mangrove replanting.

“Sejak 11 Maret 2018 lalu sudah ditanam 2.500 bibit dan 22 April 2018 ditanam 1.000 bibit,” pungkasnya. (met)

Respon Anda?

komentar