Rabu, 24 April 2024

DPRD Batam Minta Disperindag Jamin Ketersediaan Stok Sembako

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – DPRD Kota Batam meminta Disperindag Kota Batam untuk bisa mengendalikan harga jelang lebaran. Di mana setiap tahun, harga-harga Sembako naik di pasaran dan memicu terjadi inflasi.

“Ini menjadi tugas dari Disperindag. Janganlah setiap menjelang hari besar selalu naik harga. Ini menjadi tugas kita bersama,” kata ketua komisi II DPRD Kota Batam Edward Brando, Selasa (24/4).

Ia mengatakan dalam waktu dekat akan memanggil Perindag untuk meminta keterangan mengenai harga-harga yang sudah mulai naik di pasaran. Sekaligus meminta pernyataan mengenai pasokan sembako menjelang lebaran.

Anggota komisi II DPRD Kota Batam, Mulia Rindo Purba juga meminta Pemko Batam untuk bisa menjamin pasokan tetap ada sehingga tidak ada alasan dari pedagang untuk menaikkan harga. “Selama ini pasokan menjadi alasan untuk menaikkan harga barang. Kalau stok kurang, Pemko harus cari jalan keluarnya,” katanya.

Menurutnya, komoditi daging selalu menjadi masalah menjelang lebaran. Termasuk tepung dan telur yang memang banyak dikonsumsi warga. Ia berharap Disperindag bisa terus melakukan pengawasan terhadap distributor. Sehingga dipastikan tidak ada distributor yang sengaja menimbun barang yang berimbas kepada kenaikan harga.

Sementara itu, kepala dinas perindustrian dan perdagangan Zarebriadi mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan harga. Ia juga mengatakan bahwa hingga saat ini pasokan masih tetap aman.

“Ya kita terus berupaya untuk menjaga stok ini aman. Dan kita berharap tidak ada pedagang yang menjual harga di atas ketentuan yang berlaku,” katanya. (ian)

Update