Kamis, 25 April 2024

Lingga Latih Anak Muda untuk Gerakkan Ekonomi

Berita Terkait

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Wahyudi Eka Putra | antarafoto

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lingga pada tahun ini mengirim sebanyak 48 putra daerah untuk mendapat pelatihan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) yang ada di Indonesia dengan tujuan meningkatkan SDM khususnya putra asal Kabupaten Bunda Tanah Melayu.

Seluruh putra daerah yang lulus seleksi nantinya akan di berangkatkan ke tiga lokasi BBPLK yakni di Medan, Semarang dan Serang. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Ketenagakerjaan Wahyudi Eka Putra sesaat setelah mendata seluruh peserta yang akan berangkat mengikuti pelatihan.

“Untuk peserta yang mengikuti pelatihan di BBPLK Semarang dan Medan telah melalui pendataan. Pada Juli tahun ini peserta pelatihan Semarang akan berangkat,” kata Wahyudi ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/4) pagi.

Sedangkan, sambung Wahyudi, untuk peserta pelatihan di BBPLK Medan yang juga sudah melalui pendataan masih menunggu informasi lebih lanjut dari pengurus BBPLK Medan terkait jadwal keberangkatan seluruh peserta. Namun untuk peserta pelatihan ke BBPLK Serang akan didata langsung oleh petugas BBPLK Serang.

Dinas Tenaga Kerja akan memberangkatkan 48 peserta dengan rincian masing-masing BBPLK menerima 12 peserta dari Kabupaten Lingga. Sedangkan bidang ilmu atau jurusan yang akan di pelajari yakni kepariwisataan, tehnik akutansi, listrik, menjahit dan las.

“BBPLK Medan membuka pelatihan Kepariwisataan, BBPLK Serang melatih keterampilan las dan Listrik, sedangkan BBPLK Semarang memberikan pelatihan menjahit dan tehnik akutansi,” ujar Wahyudi.

Namun pada tahun ini Dinas Tenaga Kerja juga telah mengirim beberapa peserta atau putra daerah untuk mendapat pelatihan di Bandung. Bahkan seluruh peserta sudah hampir selesai menjalani pelatihan.

Seluruh peserta lulusan BBPLK tentunya akan mendapat sertifikat dari lembaga mutu ternama di Indonesia. Sehingga setiap peserta yang lulus uji, akan mudah mendapat pekerjaan karena dapat bersaing dengan tenaga kerja daerah lainnya. (wsa)

Update