Jumat, 29 Maret 2024

Pandai “Bermain” Saham

Berita Terkait

batampos.co.id – Indonesia sebagai salah satu negara berkembang memiliki potensi yang besar di industri pasar modal.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Indonesia menjadi indeks yang paling potensial di dunia untuk 10 tahun terakhir, yaitu sebesar 125.40%.

Namun demikian, potensi pasar modal di Indonesia masih terkendala dengan minimnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) di pasar modal, sehingga kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap industri pasar modal belum dapat difasilitasi secara optimal. Akan tetapi, hal tersebut juga berarti terbukanya peluang untuk berkarir di pasar modal.

Self-Regulatory Organization (SRO) yang dimotori oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki target untuk menjadikan pasar modal Indonesia menjadi pasar modal yang terbaik di kawasan ASEAN pada tahun 2020. Oleh karena itu, selain sosialisasi dan edukasi melalui serangkaian program kepada masyarakat, pasar modal Indonesia juga dituntut harus memiliki SDM profesional yang kompeten dan mampu menjawab tantangan di masa depan.

Untuk itu penyiapan SDM yang memadai dan berkualitas sudah menjadi suatu program yang harus mendapatkan prioritas dari seluruh organisasi pelaku pasar modal Indonesia khususnya SRO yang memiliki fungsi sebagai regulator.

Mempertimbangkan hal-hal tersebut, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) selaku SRO kembali menyelenggarakan Capital Market Professional Development Program (CMPDP) pada tahun 2018.

CMPDP memiliki tujuan jangka menengah dan panjang dengan cara mempersiapkan talenta pasar modal yang akan menjawab tantangan di masa depan dan membantu menggerakan industri pasar modal Indonesia pada cita-cita di atas. Pada tahun 2016 jumlah kandidat CMPDP yang ditempatkan di SRO 26 orang dan di tahun 2017 31 orang.

Proses seleksi CMPDP dilakukan secara terpusat oleh The Indonesia Capital Market Intitute (TICMI).

Pada tahun 2018 ini, jumlah pelamar CMPDP 3.962 orang pelamar. Setelah melalui proses seleksi administrasi, sebanyak 3.575 kandidat akan mengikuti seleksi tertulis CMPDP yang akan dilaksanakan serentak di 29 kota besar di Indonesia yakni

  1. Jakarta,
  2. Serang,
  3. Bandung,
  4. Semarang,
  5. Yogyakarta,
  6. Solo,
  7. Surabaya,
  8. Banda Aceh,
  9. Medan,
  10. Padang,
  11. Pangkalpinang,
  12. Batam,
  13. Riau,
  14. Bengkulu,
  15. Lampung,
  16. Palembang,
  17. Jambi,
  18. Pontianak,
  19. Palangkaraya,
  20. Banjarmasin,
  21. Denpasar,
  22. Balikpapan,
  23. Makassar,
  24. Ambon,
  25. Kendari,
  26. Manokwari,
  27. Jayapura,
  28. Mataram,
  29. Manado.

Calon kandidat akan mengikuti proses test tertulis pada tanggal 21 April 2018. Bagi peserta yang lulus tes tertulis akan mengikuti serangkaian tes lainnya seperti Psikotest, FGD, dan Interview sampai dengan terpilihnya peserta terbaik yang akan mengikuti 6 bulan program pengembangan dan 6 bulan on the job training. Nantinya setiap lulusan CMPDP akan ditempatkan bekerja di SRO.

Dengan demikian SRO akan memiliki SDM profesional yang handal dan memadai guna mendukung operasional bisnis dan mengembangkan industri pasar modal Indonesia sehingga pasar modal Indonesia dapat menjadi yang terbesar di ASEAN dan bersaing secara global. Demikian untuk diketahui publik.

 

Update