Iklan

batampos.co.id – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Bintan Dalmasri Syam berkunjung ke kantor Kwarnas Pramuka di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (24/4). Dalam kunjungannya, Dalmasri melaporkan kegiatan agenda Kemah Cagar Budaya Tingkat Provinsi Kepri yang rencananya akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Bintan 11 Mei sampai 13 Mei mendatang.

Iklan

“Kami juga akan mengadakan kegiatan Kemah Cagar Budaya se-Provinsi Kepri,” ungkapnya.

Dalmasri mengungkapkan kegiatan ini akan diikuti 165 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Provinsi Kepri. Ini merupakan kali pertama Kegiatan Kemah Cagar Budaya yang dilaksanakan di Propinsi Kepri.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga merupakan kerja sama Kwarcab Gerakan Pramuka Bintan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat (Sumbar) Korwil Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau.

Melalui kegiatan Kemah Cagar Budaya, kata dia, pihaknya ingin memperkenalkan cagar budaya, mengunjungi museum dan beberapa kegiatan seru lainnya yang berkaitan dengan kebudayaan. Antara lain, para peserta akan menampilkan ciri khas daerahnya masing-masing serta keterampilan para Pramuka Penegak dan Pandega.

”Supaya budaya Melayu bisa teredukasi di anak-anak Pramuka. Selama ini mungkin hanya sekadar cerita, nanti jadi sebuah kisah nyata pada acara perkemahan tersebut,” kata dia.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengatakan, Kwarnas mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurut pria berkumis ini, kegiatan Kemah Cagar Budaya bagus sebagai edukasi para anggota Gerakan Pramuka.Ia juga menjelaskan, kekuatan dan kelebihan dari kegiatan luar ruangan adalah apa yang mereka lihat, merasakan, dan mengaplikasikan ilmu mereka.(met)