Selasa, 19 Maret 2024

Taekwondoin UTI Pro Raih Sukses pada WATA Open Intercontinental Championship

Berita Terkait

batampos.co.id – Taekwondoin UTI Pro meraih hasil positif pada WATA Open Taekwondo Intercontinental Championship di Osaka, Jepang 20-22 April 2018.

Tim Taekwondo UTI Pro dibawah komando sekjen UTI Pro Lamting, mantan Taekwondoin nasional, berhasil meraih 5 emas 3 perak dan 1 perunggu.

Pada nomor Kyorugi, Apriliandy Fransiorendy yang turun di kelas -63 Kg dan Farentino Frangklin mempersembahkan 2 medali emas .

3 emas lainnya dihasilkan di kategori Poomsae di nomor perorangan putra atas nama Billy Komara.

Kemudian Billy Komara yang kembali turun di nomor pair berpasangan dengan
Siti Aulia Rahma juga sukses mempersembahkan medali emas.

Nomor beregu putri trio taekwondoin Sherly,Siti dan Bella tidak ketinggalan turut menyumbang emas bagi panji UTI Pro .

Sementara 3 medali perak dihasilkan pada Kyorugi melalui Taekwondoin asal Jawa Barat Fikri Irham Firdaus yang turun di kelas senior 68 kg.

Kemudian poomsae perorangan putra melalui Farentino Frangklin Bayang atlit cilik asal SULUT dan Siti Aulia Rahma Poomsae perorangan putri.

Sedangkan Perunggu atas nama Elisabeth Sherly Kurniawan.

Dua Taekwondo lainnya, Herlambang Agus Parluhutan dan Bella Elvina gagal mengikuti jejak rekan rekannya yang sukses meraih medali.

Grand Master Lioe Nam Khiong Rabu (25/4) mengatakan, keikutsertaan para Taekwondoin UTI Pro ini merupakan kegiatan rutin dari program pembinaan yang dijalankan UTI Pro.

“Tentunya melalui program try out ini bisa dijadikan tolok ukur program pembinaan yang telah dijalankan selama mengikuti kepelatihan ,” kata Grand Master Lioe Nam Khiong yang turut mendampingi para Taekwondoin selama di Osaka.

Selain program pembinaan Atlit, UTI Pro juga tengah fokus untuk meloloskan Wasit andalannya dapat turut memimpin pertandingan di Olimpiade 2020 di Tokyo.

Pada Olimpiade Rio di Brazil 2016 lalu , UTI Pro juga telah menempatkan 1 wasit nya memimpin pertandingan di tingkat Olimpiade melalui Rahadewi netta.

“Untuk olimpiade Tokyo 2020 ini saya optimis bisa meloloskan lagi satu wasit masuk di jajaran elit wasit taekwondo Dunia ikut berpartisipasi di tingkat Olimpiade , ” ujar Grand Master Lioe Nam Khiong satu satunya Taekwondoin di Indonesia penyandang sabuk DAN IX Kukkiwon.

Ketua Umum UTI Pro Mayjen TNI (Pur) Andogo Wiradi menyambut baik hasil yang dicapai di Osaka ini.” Merupakan suatu kehormatan bagi Taekwondoin UTI Pro mampu meraih prestasi di Event Internasonal ,” ujar Andogo Wiradi.

Hal senada juga dikemukakan Ketua Umum UTI, Ngatino.

“Saya merasa salut dan bangga atas pencapaian ini dan mudah mudahan prestasi ini bisa terus ditingkatkan ,” ungkap Ngatino yang juga Wakil ketua PB .Wushu Indonesia.

Event WATA Open Intercontinental Taekwondo Championship ke 16 ini diikuti 820 atlit dari 22 Negara termasuk Indonesia. (iwa)

Update