Sabtu, 20 April 2024

Pelayanan PTSP Anambas Diverifikasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Lembaga independent PT Surveyor Indonesia memverifikasi Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Kepulauan Anambas. Tujuannya untuk mengetahui kinerja dan tingkat pelayanan di kantor tersebut.

Petugas survei dari PT Surveyor Indonesia, Suhar mengatakan, survei ke kantor PTSP dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Kepulauan Anambas pada April 2018 ini.

Ada beberapa indikator penilaian mulai dari kelengkapan Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana dan kelembagaan. Nantinya, data survei dilaporkan ke BKPM untuk selanjutnya dilakukan penilaian dari tim ahli.

”Secara umum sudah bagus. Untuk kantor PTSP, ada 565 kantor yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah itu termasuk KEK dan FTZ,” ungkapnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas Yunizar membenarkan hal tersebut. Menurutnya, survei dilakukan dalam rangka verifikasi dan peringkat terkait mutu dan pelayanan PTSP yang ada di Anambas. ”Terkait dengan mutu dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kepala Bidang PTSP Kabupaten Kepulauan Anambas Galuh Ibrahim mengatakan, berkaitan dengan PTSP, pihaknya telah menyebarkan kuisioner terkait Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) selama 2017 yang dilakukan Maret 2018 kemarin. Dari kuisioner yang dijawab masyarakat yang mengurus dokumen perizinan ke PTSP, diperoleh hasil secara presentase mencapai 79,15 persen. ”Kalau lihat data ini, masuk kategori baik,” ujarnya.

Namun, pihaknya mengaku masih ada kekurangan. Yang menjadi perhatian pihaknya ke depan yakni dalam standar operasional dan ketersediaan sarana dan prasarana yang belum memadai. ”Kami terus berupaya maksimal dalam pelayanan. Salah satunya, dengan membuka pelayanan hingga hari Sabtu,” ungkapnya.(sya)

Update