Kamis, 28 Maret 2024

Hujan Deras, Ruas Jalan Tergenang Banjir

Berita Terkait

Pengendara sepeda motor dan mobil menerobos banjir di Jalan Raya Sagulung, depan Kampung Seibimti, Tanjunguncang, Batuaji, Selasa (1/5). Hujan hanya sebentar saja sudah membuat jalanan banjir. Banjirnya jalan ini akibat besarnya debit air yang tidak bisa ditampung oleh drainase yang ada. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Hujan deras yang mengguyur Kota Batam, Selasa (1/5) membuat beberapa ruas jalan dan pemukiman warga di wilayah Batuaji dan Sagulung tergenang banjir. Warga dan pengguna jalan di lokasi banjir cukup kewalahan menghadapi banjir tersebut. Seperti yang terlihat di depan Kampung Seibinti, Tanjunguncang, Batuaji.

Pantauan Batam Pos, banjir dilokasi itu mencapai 50 cm. Karena itu, banyak pengendara yang kewalahan saat melintas di lokasi tersebut. Pengendara baik roda dua ataupun roda empat banyak yang mutar balik karena kondisi genangan yang cukup dalam, bahkan pengendara yang tak berani melewati lokasi itu harus menunggu air surut.

“Hujannya tak sampai satu jam, jalanan langsung dikepung banjir,” ujar Marwan pengendara yang lewat dilokasi tersebut.

Dia mengatakan lokasi itu merupakan lokasi rawan banjir. Itu karena sistem saluran drainase jalan belum ditata dengan baik. Kondisi tersebut diperparah lagi dengan maraknya aktifitas clearing lahan yang ada di sekitarnya. Tanah-tanah yang terbawa arus air dari lokasi pematangan lahan membuat jalan jadi becek dan berlumpur selama banjir berlangsung. “Drainasenya sempit. Sudah tak mampu nampung lagi,” katanya.

Hal yang sama juga terlihat di jalan Marina City. Meski genangannya tak dalam, namun kondisi itu menghambat aktivitas warga. “Masih tergenang, padahal drainasenya sudah dilebarkan,” kata Maisaroh, warga Marina City.

Tak hanya di jalan, genangan juga terjadi di pemukiman warga. Salah satunya di Perumahan Central Raya, Tanjunguncang. Umumnya, genangan terjadi akibat parit sempit dan tak bisa menampung debit air. (une)

Update