Sabtu, 20 April 2024

Polisi Jalin Silaturahmi dengan Buruh

Berita Terkait

batampos.co.id – Polres Lingga bersama Polsek Singkep Barat menggelar sejumlah kegiatan pada May Day atau yang dikenal dengan hari buruh Internasional. Kegiatan tersebut dilakukan di Pelabuhan Jagoh, Sungai Buluh, dan Kuala Raya dengan bersilaturahmi bersama buruh.

“Kami juga memberikan sejumlah bantuan kepada buruh di tiga lokasi tersebut,” kata Kapolsek Singkep Barat Iptu Idris, Selasa (1/5).

Di Jago, Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho bersama Kapolsek Singkep Barat Iptu Idris memberikan sejumlah gerobak sorong diperuntukkan kepada buruh panggul di pelabuhan. Sedangkan di Sungai Buluh, mereka memberikan helm kerja kepada buruh di daerah itu.

Sedangkan di Kuala Raya, mereka memberikan helm untuk sejumlah pengojek yang juga termasuk dalam pengerjaan buruh.Pada kesempatan peringatan hari buruh kali ini, Idris mengharapkan kepada pemerintah agar lebih memperhatikan para buruh. Terutama buruh panggul di sejumlah pelabuhan di Kabupaten Bunda Tanah Melayu ini.

Menurut Idris pekerjaan mereka juga dibutuhkan orang banyak, namun mereka minim perhatian. “Pekerjaan buruh panggul di pelabuhan, mereka lakoni untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka,” ujar Idris.

Selain itu, Idris juga mengharapkan kepada para buruh agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Untuk itu diperlukan kedisiplinan kerja, tentunya akan berdampak baik pada keselamatan kerja para buruh di pelabuhan.
Menurut Idris, buruh di Kabupaten Lingga tentunya tidak sama dengan buruh di Kota-kota di Provinsi Kepri ini.

Buruh di Lingga hanya be­kerja untuk memenuhi nafkah keluarga mereka sehingga bekerja sebagai buruh. Idris menambahkan, saat ini ketersediaan lapangan kerja masih minim lapagan kerja di Kabupaten Lingga. Untuk itu dibutuhkan upaya dan kerja keras pemerintah daerah guna membuka lapangan pekerjaan.

Jumlah buruh secara keseluruhan yang ada di Singkep Barat hanya 150 orang.
Buruh di Kabupaten Lingga Selain berprofesi di bidang tambang pasir, juga buruh panggul di pelabuhan.(wsa)

Update