Secret Garden Village, destinasi unik yang menjadi tempat wisata belanja. Seluruh produk dijual dengan harga terjangkau. Bahkan, ada beberapa jenis produk yang ijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga di pasaran. (ISTIMEWA)

batampos.co.id – Sejuknya udara pegunungan di Baturiti, Tabanan bisa Anda nikmati di sini, di Secret Garden Village.

Ini ialah salah satu destinasi wisata yang cukup unik yang dimiliki Pulau Bali. Wisatawan diajak melihat produksi produk kecantikan.

Di Secret Garden Village wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan produk kecantikan Herborish, juga membelinya di factory outlet yang disediakan. Selain itu, tersedia juga fasilitas berbelanja lainnya yang cukup menarik, yakni di Sunday Market Secret Garden.

Sesuai dengan namanya, Sunday Market Secret Garden ini hanya buka setiap hari Minggu dari pukul 09.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita. Di Sunday Market ini, tersedia beragam jenis produk yang diproduksi oleh Oemah Herborist Beauty Factory Outlet dan produk lainnya.

Operational Manager Secret Garden Village, Ambarwati, mengatakan, ide awal untuk membuat Sunday Market ini adalah sebagai media sosialisasi untuk memperkenalkan Secret Graden Village kepada masyarakat. “Selama ini, yang datang ke tempat ini adalah wisatawan asing maupun domestik, masyarakat sekitar yang datang hampir tidak ada. Karena itulah, kami ingin masyarakat yang ada di sekitar lokasi kami berdiri bisa mengenal tempat kami,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), pekan kemarin.

Dengan memperkenalkan potensi wisata itu, masyarakat juga turutserta mempromosikan produk yang menjadi daya tarik wisatawan tersebut. Konsep dari Sunday Market ini adalah mengundang masyarakat yang ada di sekitar Secret Garden untuk datang dan melihat potensi wisata yang dimiliki oleh Secret Garden Village.

Produk yang dijual di Sunday Market ini, cukup beragam. Selain produk yang diproduksi oleh Secret Garden, Sunday Market juga menjual beragam jenis produk lainnya, berupa komoditi hasil pertanian masyarakat dan produk kerajinan dari UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar areal objek wisata ini.

Ambarwati mengatakan, seluruh produk dijual dengan harga yang terjangkau. Bahkan, ada beberapa jenis produk yang diakui Ambarwati dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran. “Sunday Market ini juga untuk menarik minat pengunjung karena ada fasilitas outbound,” lanjutnya.

Ramai Dikunjungi Wisatawan Tiongkok

Selain masyarakat lokal yang merupakan target utama, Sunday Market juga menyasar wisatawan Tiongkok. Wisatawan Tiongkok yang datang ke Sunday Market, sebagian besar membeli beragam jenis produk kerajinan dan produk makanan yang dijual oleh masyarkat sekitar.

Pada hari biasa, Secret Garden Village memang ramai dikunjungi wisatawan Tiongkok dan wisatawan domestik. Rata-rata wisatawan yang datang ke destinasi wisata ini tertarik untuk mengikuti aktivitas beauty tour dan belanja produk kecantikan. “Dalam sehari objek wisata ini rata-rata dikunjungi 400 orang, di mana 70 persennya adalah wisatawan Tiongkok,” jelasnya.

Produk makanan yang dijual rata-rata jenis makanan dan minuman tradisional, seperti loloh (jamu tradisional), jajan Bali hingga ayam betutu.

Dengan adanya beragam jenis makanan khas Bali ini, lanjut Ambarwati, wisatawan yang bisa secara langsung menikmati makanan dan minuman khas Kabupaten Tabanan.

(bx/gek/yes/JPR)

Advertisement
loading...