Jumat, 29 Maret 2024

61 Persen Sudah Coklit

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun menerjunkan 780 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih (coklik) pemilih di Karimun. Hasil coklit terdata ada 183.992 pemilih di Karimun.

Hasil coklit akan dimasukkan ke Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), sebagai acuan bagi para Parpol untuk mendapatkan salinan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan terakhir Daftar Pemilih Tetap (DPT).

”Baru 61 persen di minggu pertama ini, sekarang belum masuk semua data berapa persen peningkatan di minggu kedua,” kata Komisioner KPU Karimun Samsir, Jumat (4/5).

Pantarlih mengalami kesulitan di lapangan, di antaranya pemilih tidak ada di tempat atau sedang keluar kota. ”Katanya ekonomi sulit di Karimun makanya pemilih banyak yang bekerja di luar Karimun. Ada juga warga Tionghoa yang kurang proaktif, mereka enggan membuka pintu rumahnya ketika petugas Pantarlih datang. Padahal, petugas dibekali identitas,” jelasnya.

Sementara ada beberapa pemilih yang tidak mempunyai e-KTP. Untuk itu, pihaknya akan melakukan diskusi dengan Dinas Kependudukan Capil Karimun untuk dicarikan solusi.
”Sesuai dengan aturan, pemilih berhak menggunakan suaranya dengan cukup menunjukkan e-KTP miliknya,” jawabnya.

Ia optimis waktu yang tersisa sekitar dua pekan lagi akan selesai dikerjakan Pantarlih. Pihaknya mengimbau seluruh warga Kabupaten Karimun agar proaktif memberikan data kepada petugas Pantarlih sebagai perpanjangan KPU Karimun. Ketua Panwaslu Karimun Tiuridah Silitonga mengingatkan Pantarlih agar lebih maksimal lagi melakukan coklit di masyarakat.(tri)

Update